Kolaborasi Bersama IGI Kota Parepare, Prodi Tadris IPS Utus Tim PkM di Kabupaten Enrekang

1 Agustus, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Sebanyak 18 orang mahasiswa Prodi Tadris IPS melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Beringin, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sabtu s.d. Senin (2231/7/2023). Kegiatan PkM ini merupakan realisasi kerja sama dengan IGI Kota Parepare.  Adapun program kerja utamanya adalah pendampingan pembuatan media pembelajaran menggunakan platform canva di SMP Negeri 9 Satap Maiwa dan pendampingan literasi & numerasi bagi masyarakat desa.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, mahasiswa  terlebih dulu mendapatkan pembekalan terkait  program kerja, Jumat (21/7/2023). Pembekalan tersebut dihadiri oleh tim PkM yang terdiri dari dosen Prodi Tadris IPS dan anggota IGI Kota Parepare. Pihak IGI diwakili oleh  Mahrani, S.Pd. yang turut membawakan materi pembekalan bertajuk “Penggunaan Platform Canva Sebagai Media Pembelajaran”.

Ketua Prodi Tadris IPS, Dr. Ahdar, M.Pd. mengaku bahwa kegiatan PkM ini adalah program rutin tahunan prodi. Ia berharap dapat meningkatkan jangkauan kegiatan pengabdian prodi pada level nasional.


“Kami bersyukur bahwa kegiatan kolaborasi PkM antara mahasiswa Tadris IPS dan dosen Tadris IPS setiap tahunnya dapat diselenggarakan dan harapannya di tahun mendatang kegiatan kolaborasi PkM tersebut dapat dilaksanakan pada tingkat nasional,” ujar Dr. Ahdar, M.Pd.

Aparat Desa Beringin yang mewakili Kepala Desa juga mengungkapkan rasa syukurnya karena kegiatan PkM yang dilaksanakan oleh Prodi Tadris IPS sangat membantu pengembangan desa. 

"Kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini karenakan tingkat literasi dan numerasi masyarakat  masih perlu ditingkatkan utamanya pada jenjang menengah. Begitupun dengan kualitas guru dalam pembelajaran perlu untuk senantiasa ditingkatkan,"ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Farhan (Ketua HMPS Tadris IPS) mengungkapkan bahwa masyarakat antusias mengikuti program kerja tersebut.

"Mereka datang langsung ke kantor desa menghampiri kami untuk mendapatkan pendampingan. Pada kegiatan PkM ini, mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok, sehingga masing-masing kelompok akan bertanggung jawab terhadap program kerja yang telah disusun bersama dengan tim PkM dari pihak dosen dan IGI Kota Parepare,” ungkapnya. (mm/Tin)

di dalam Berita
muajizmuallim 1 Agustus, 2023