Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Jurnalistik Islam Hasilkan Tiga Buku

5 Desember, 2023 oleh
mifdahilmiyah

Humas IAIN Parepare- Program Studi Jurnalistik Islam (JI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare berhasil menerbitkan tiga buku dari hasil Kolaborasi antara Dosen dan Mahasiswa, Selasa (05/12/2023).


Kolaborasi tersebut menghasilkan tiga buku yang berjudul Hitam Putih Jurnalistik, Jurnalistik Berperspektif Feminisme, dan The Untold Celebes dengan tujuan meningkatkan kompetensi tiga profil lulusan Program Studi Jurnalistik Islam. 


Ketua Program Studi Jurnalistik Islam, Nahrul Hayat M.I.Kom menyebut bahwa tiga buku yang diterbitkan merupakan hasil dari kegiatan In House Training. 


"Tiga buku ini adalah outcome/luaran dari kegiatan prodi yang bertajuk In House Training dan dilaksanakan beberapa bulan yang lalu. Pada kegiatan itu peserta dilatih untuk memiliki karya jurnalistik salah satunya adalah artikel, tulisan karya jurnalistik yang pada akhir kegiatan itu dikumpulkan dan disusun dalam bentuk buku chapter," jelas Nahrul saat diwawancarai.




Nahrul juga menuturkan bahwa tiga buku yang diterbitkan ini dapat menunjang akreditasi Program Studi Jurnalistik Islam. 


"Mengingat salah satu indikator penilaian akreditasi adalah adanya karya kolaborasi antara dosen juga mahasiswa, dan alhamdulillah di tahun ini tiga buku bisa diselesaikan serta disusun oleh dosen dan mahasiswa," sambung Nahrul. 


Salah seorang mahasiswa Program Studi Jurnalistik Islam sekaligus penulis dari salah satu buku yang diterbitkan, Andi Mangga Barani mengungkap perasaan dan harapannya. 


"Perasaannya pasti senang karena bisa ikut berkontribusi dalam pembuatan buku ini dan saya berharap mahasiswa-mahasiswa Jurnalistik Islam yang lainnya ke depannya dapat melahirkan karya-karya yang lebih banyak lagi," harap Andi Mangga.


di dalam Berita
mifdahilmiyah 5 Desember, 2023