Melangkah Bersama ke Masa Depan Bahasa: Program BIPA IAIN Parepare dan BIPA Universitas Negeri Malang Berbagi Ide dan Inovasi

4 Desember, 2023 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare---Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melakukan benchmarking program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) ke Universitas Negeri Malang (UM) pada hari Senin, 4 Desember 2023. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari program BIPA UM yang telah berpengalaman dan telah terbentuk sejak tahun 1974. 



Kunjungan IAIN Parepare ke UM diterima langsung oleh Koordinator Program BIPA UPT PSBBI UM Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd. dan Tim BIPA UPT PSBBI UM. Pada kesempatan tersebut, Gatut Susanto menyampaikan berbagai hal terkait program BIPA UM, mulai dari landasan hukum, tujuan, sasaran, materi hingga metode pembelajaran. Ia juga memaparkan berbagai program dan produk ke-BIPA-an yang dimiliki UM, seperti modul pembelajaran, buku teks, dan aplikasi belajar BIPA. 



Di dalam kegiatan benchmarking tersebut Wakil Rektor II IAIN Parepare menyampaikan potensi dari program kebahasaan IAIN Parepare. ”Kami percaya bahwa program BIPA memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman dan persahabatan antara Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Kami berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan negara-negara tersebut. Sehingga kegiatan benchmarking ini diharapkan bukan hanya kunjungan semata, melainkan menjalin kerja sama antara IAIN Parepare dan UM dalam mengembangkan BIPA di mata dunia,” tuturnya.  



Kepala UPT Bahasa IAIN Parepare, Hj. Nurhamdah, M.Pd., mengatakan bahwa kunjungan ini sangat bermanfaat bagi IAIN Parepare karena telah memberikan kami gambaran yang jelas tentang bagaimana mengembangkan program BIPA yang berkualitas. Ternyata apa yang selama ini menjadi keresahan kami Tim Bahasa telah terjawab, dengan banyaknya program dan produk ke-BIPA-an yang dapat membantu kami untuk mengkokohkan pondasi program BIPA di IAIN Parepare,” ujar Hj. Nurhamdah. 



Selain mengunjungi Kantor BIPA UM, rombongan IAIN Parepare juga mengunjungi kelas BIPA UM untuk melihat langsung proses pembelajaran BIPA. Rombongan bertemu dengan beberapa siswa BIPA UM yang berasal dari Florida dan Miami Amerika Serikat,  mereka menyampaikan pengalaman mereka dalam belajar bahasa Indonesia. 


Rombongan IAIN Parepare yang mengunjungi UM adalah Dr. Firman, M.Pd. Wakil Rektor II IAIN Parepare, Hj. Nurhamdah, M.Pd. Kepala UPT Bahasa IAIN Parepare dan Sari Hidayati, M.Pd. Koordinator BIPA IAIN Parepare. (Aw/Srh)

di dalam Berita
ameliawulandari 4 Desember, 2023