Kolaborasi Riset dan Penguatan Moderasi Beragama, LP2M MoU Bersama Balai Litbang Agama Sulsel

6 September, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare– Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Balai Litbang Agama Sulawesi Selatan.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua LP2M IAIN Parepare M. Ali Rusdi bersama Kepala Balai Litbang Agama Provinsi Sulawesi Selatan Saprillah di Rektorat IAIN Parepare, Jumat (02/09/2022). Turut hadir menyaksikan langsung Rektor IAIN Parepare Hannani, Wakil Rektor III Kamal Zubair, dan Sekretaris LP2M IAIN Parepare Muhammad Haramain.

Item kerja sama yang dilakukan meliputi kerja sama penelitian, penguatan moderasi beragama, survei kepuasan masyarakat, serta aplikasi pemetaan moderasi beragama masyarakat.

Ketua LP2M IAIN Parepare M. Ali Rusdi mengungkapkan meskipun Balai Litbang akan berubah bentuk tetapi riset-riset dalam bentuk moderasi masih gencar dilakukan oleh Litbang. Olehnya itu, kolaborasi riset masih bisa terus diupayakan.

Selain itu, Ali Rusdi juga menginginkan ada kerja sama dalam bidang tindak lanjut penguatan moderasi beragama. “Bahkan sebelum terlaksananya perjanjian kerja sama ini, kita sudah beberapa kali melakukan diskusi-diskusi dan termasuk merumuskan indikator- indikator dan memetakan poin-poin terkait moderasi beragama baik di perguruan tinggi maupun di masyarakat,” ucap Ali Rusdi usai acara MoU.

“Ke depan yang kami harapkan penguatan kerja sama ini semakin intensif yang insyaallah bukan hanya bermanfaat pada IAIN Parepare, tetapi juga ke masyarakat yang lebih luas dengan penguatan sinergi antara lembaga peneliti pengabdian masyarakat dengan Litbang,” tambah Ali Rusdi. (Aen/mif)



di dalam Berita
Nur Aeni K 6 September, 2022