Ma’had Al-Jami’ah ToT Mudabbir dan Mudabbirah, Juga Penerimaan Mahasantri

5 September, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Ma’had Al-Jami’ah melaksanakan Training of Trainer (ToT) untuk mudabbir dan mudabbirah Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, Selasa-Jumat (30-02/08-09/2022) yang bertempat di Masjid Al Wasilah IAIN Parepare.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor IAIN Parepare Dr Hannani M.Ag., Selasa (30/09/2022) pukul 20.00-22.00 WITA.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare menyampaikan jumlah mahasiswa baru IAIN Parepare.

“Mahasiswa baru ini mengajinya perlu diperbaiki supaya tidak ada lagi ujian susulan pada ujian Sertifikasi Baca Al-Qur’an (Sertifikasi Ma’had-red). Ma’had Al-Jami’ah juga bisa diposisikan sebagai ‘pengawal’ IAIN Parepare,” ujarnya.

Rektor IAIN Parepare juga menyampaikan bahwa Mudabbir dan Mudabbirah (Pembina) Ma’had Al-Jami’ah harus siap menjadi Tutor untuk membina mahasiswa baru untuk dibina baca Al-Qur’annya dalam kurun waktu setahun.


“Tugas Ma’had Al-Jami’ah itu sangat berat, kenapa tugas Ma’had Al-Jami’ah berat? Karena harus Tafaqquh dan Tafaqquh Fiddin serta kita harus melahirkan kader ulama masa depan,” jelas Hannani.

“Sekarang ada dua program studi yang nantinya mengajarkan Kitab Kuning atau Kelas Takhassus , yaitu Prodi PBA dan Prodi BSA. Kegiatan selama empat hari ini akan menjadi bekal bagi Mudabbir dan Mudabbirah Ma’had Al-Jami’ah untuk bisa menjadi contoh bagi adik-adik mahasantri baru yang ada di Asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare,” tuturnya.

Direktur Ma’had Al-Jami’ah juga menyampaikan harapan besarnya kepada pembina agar tetap menjaga nama baik Ma’had Al-Jami’ah dan kampus IAIN Parepare.

Ada sepuluh materi yang disampaikan pada kegiatan ToT kali ini. Materi dibawakan Dr. Hannani berjudul Kebijakan terkait Pengembangan Ma’had Al-Jami’ah, Strategi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an disampaikan oleh Budiman, M.HI., H. Sudirman, M.A., M. Taufiq Hidayat Pabbajah, M.A., St. Fauziah, S.S., M.Hum., selanjutnya, Strategi Pembelajaran Dakwah oleh Nidaul Islam,. M.Th.I., materi Tata Kehidupan di Asrama dibawakan Hj. Nurdalia Bate, Lc.., M.H.I., Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dijelaskan Muhammad Irwan, M.Pd.I. danTa’arruf, Ta’allum dan Tafaqquh Fiddin di Ma’had Al-Jami’ah dipaparkan Budiman, M.HI.

Bukan hanya pemateri internal Ma’had, panitia juga mengundang pemateri dari kalangan dosen dan KSR IAIN Parepare. Penyelenggara menghadirkan Emilia Mustary, M.Psi., Psikolog dan Astinah, M.Psi., Psikolog yang memaparkan tentang Konseling Sebaya, materi selanjutnya Penguatan Nilai-nilai Moderasi dalam Kehidupan Kampus oleh Dr. M. Ali Rusdi, S.Th.I., M.Th.I., dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris oleh Hj. Nurhamdah, M.Pd. serta Pengenalan dasar-dasar Pertolongan Pertama dijelaskan KSR-PMI IAIN Parepare.

Kegiatan ini ditutup dengan Pelantikan Mudabbir dan Mudabbirah sebanyak 72 orang sekaligus penerimaan Mahasantri Baru Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare. (Aen/Mif)

 

di dalam Berita
Nur Aeni K 5 September, 2022