Konferensi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Rektor Jadi Keynote Speaker

9 Juni, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare— Rektor Institut Agama Islam Negeri Parepare Dr. Hannani menjadi keynote speaker pada Konferensi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Kamis (09/06).

Beragam materi dibahas dalam konferensi tersebut, mulai dari Mencetak Generasi Berwawasan Global,
Kekerabatan Manusia dan Alam sebagai Prinsip Dasar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Peluang dan Tantangan Kolaborasi
hingga Bentuk Kolaborasi Antarpemangku Kepentingan.

Hannani menyebut ‘surga’ apabila 17 Goals dari SDGs dapat terwujud. Hal ini dikarenakan perhatian yang diberikan tidak hanya pada manusia tetapi juga pada lingkungan alam.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Sidrap, Muhammad Idris Usman menyebut SDGs (Suistainable Development Goals) merupakan ‘tugas mulia’. Menurutnya, manusia diberikan amanah untuk menjaga ciptaan-Nya.

Lebih lanjut, Hannani menjelaskan untuk mencetak generasi yang berwawasan global diperlukan kemampuan untuk menguasai bahasa, serta perlunya orangtua untuk memberikan perhatian kepada anak-anaknya, mulai dari kecerdasan intelektual, emosional, serta kecerdasan spritual.

Sementara itu, Herwin selaku Sekretaris Bappelitbangda Sidrap memaparkan beragam kegiatan yang telah dilakukan guna mendukung SDGs.

Di lain sisi, inisiator menghubungkan inisiatif lokal dengan SDGs yang biasa disebut Coloni. Maria M. Purboningrum mengungkapkan 5 tahapan kolaborasi dengan Coloni.

“Mengundang dan mendengarkan pemangku kepentingan, pahami peran masing-masing, melakukan komunikasi antarpihak, identifikasi kapasitas, peluang dan risiko, serta keterlibatan dan kemanfaatan,” ucap perempuan yang berasal dari Malang tersebut.

Kegiatan yang berlangsung di aula Kemenag Kabupaten Sidrap tersebut diikuti peserta dari berbagai unsur, mulai dari akademisi hingga para relawan yang tersebar mulai dari Sidrap, Parepare hingga Bone. Kegiatan terlaksana dari hasil kolaborasi antara Organisasi Taman Semesta, Pemda Sidrap, Coloni dan WWF (World Wide Fund for Nature) yang merupakan organisasi nonpemerintah Internasional yang berkantor pusat di Swiss. (Hyn/Tin)

 


di dalam Berita
Nur Aeni K 9 Juni, 2022