Kuliah Tamu Faktar Bahas Integrasi Sains dan Budaya Menuju Era Society 5.0

20 Oktober, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Kuliah Tamu Faktar Bahas Integrasi Sains dan Budaya Menuju Era Society 5.0

Humas IAIN Parepare- Fakultas Tarbiyah melaksanakan Kuliah Tamu Batch I dengan tema “Etnosains: Prospeksi dan Formulasi Pembelajaran Berbasis Digital Menuju Era Society 5.0” yang dilaksanakan secara luring di Auditorium IAIN Parepare, Rabu (19/10/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 970 peserta yang terdiri dari dosen, guru, dan mahasiswa. Pemateri Kuliah Tamu Batch I tersebut Prof. Dr. Abdul Rahman, M. Pd. (Guru besar bidang Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar) yang membawakan materi dengan judul “Etnomatematics dan Pembelajaran Matematika Abad 21” dan pemateri kedua, Prof. Dr. Rafiah Nur. M. Hum., (Guru Besar bidang Pendidikan Bahasa Inggris UM Parepare).

Ketua panitia Khalik melaporkan bahwa Kuliah Tamu Fakultas Tarbiyah diagendakan selama dua sesi dengan tema utama Etnosains .

“Tema kuliah tamu ini sejalan dengan cita-cita lembaga kami, yaitu berakulturasi Budaya dan Islam,” ungkap Khalik.

Khalik juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk menciptakan kesadaran kritis dan dialektis terhadap akselerasi ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di Era Society 5.0, terwujudnya atmosfer akademik dalam lingkungan kampus yang harmoni-humanis, mutu-profesional, dan profetis-religius serta terwujudnya tradisi akademik yang bebas dan merdeka, inklusif, objektif, apresiatif, dan visioner.

Wakil Dekan I Faktar Bahtiar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang telah direncanakan di awal tahun sebagai wujud respons terhadap tuntutan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan pemanfaatan teknologi.

“Saya berharap melalui kegiatan ini para civitas academica IAIN Parepare, khusus Fakultas Tarbiyah yang mengikuti kegiatan ini dapat menambah wawasan tentang formulasi pembelajaran berbasis digital di Era Society 5.0. Hal ini disampaikan oleh kedua narasumber yang tentunya kualitas keilmuannya tidak diragukan lagi,” jelas Bahtiar.

Ia melanjutkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan berkembangnya
network secara luas dengan perguruan tinggi lain dengan sinergitas yang bersifat mutual simbiosisme dalam bidang tridarma perguruan tinggi.

Para peserta sangat antusias mengikuti kuliah tamu ini karena kedua narasumber menyampaikan materi dengan sangat interaktif yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. (ars/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 20 Oktober, 2022