Lepas Sambut Rektor IAIN Parepare

8 Mei, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare–Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar acara silaturahmi dan halalbihalal dirangkaikan dengan lepas sambut rektor di gedung Auditorium, Senin (09/05/22).

Setelah Dr. Suarning membawakan hikmah halalbihalal, kegiatan dilanjutkan dengan acara lepas sambut jabatan dari Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si. Rektor IAIN Parepare periode 2018-2022 kepada Dr. Hannani, M.Ag.

Rektor IAIN Parepare periode 2022-2026 disaksikan langsung oleh seluruh civitas akademik IAIN Parepare. Ahmad Sultra Rustan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur pimpinan dan civitas akademik IAIN Parepare karena telah mendukung beliau membangun IAIN Parepare selama menjabat sebagai rektor.

“Sebenarnya kegiatan lepas sambut ini lebih tepatnya bisa dibilang pindah kursi dari dosen ke rektor begitu pun sebaliknya,” ungkap Ahmad saat memberikan sambutan.

“Karena saya dosen, jadi akan kembali ke fakultas sesuai dengan home base saya sebagai dosen,” sambungnya.

Ia menyampaikan bahwa di dalam dunia akademik tidak ada persoalan atau masalah yang terjadi seperti yang sering terjadi di dunia birokrasi. Hal tersebut menurutnya hanya sebuah dinamika.

Ia juga menyampaikan ucapan maaf selama menjabat jika ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.
“Karena yang namanya manusia tentu ada kekhilafan serta kekurangannya. Selamat bertugas rektor baru dan mari bersama-sama menjadikan IAIN Parepare lebih baik ke depannya,” tutupnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Parepare Hannani, mengucapkan terima kasih yang setulus- tulusnya atas kehadiran seluruh civitas akademik pada acara kegiatan halalbihalal tersebut.

Hannani juga mengungkapkan bahwa menyandang amanah bukanlah pekerjaan yang ringan, mengingat pengalamannya yang masih minim dalam kelembagaan. Ia berharap dukungan semua pihak tetap mengalir agar dapat bersama-sama dan bergandengan tangan untuk terus memajukan kampus tercinta.

Saat ini, dirinya akan fokus pada pengembangan SDM, terutama mengenai percepatan guru besar. Hal tersebut menjadi prioritas utama.
“Bagi dosen dan tenaga kependidikan yang mengalami kendala terkait kenaikan pangkat kita akan fasilitasi dalam mengajukan kenaikan pangkat,” ujar Hannani.

Di sisi lain Hannani juga menjelaskan bahwa kesuksesan dari program kerja membutuh kekompakan dan kerjasama semua pihak. Beliau menjelaskan ada 3 resep untuk mencapai kesuksesan tersebut yaitu memiliki sikap lapang dada, mampu memberikan solusi dan memiliki komunikasi yang baik.

“Sesuai dengan doa Nabi Musa a.s.‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii‘ yang artinya Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku, ” tutup Rektor IAIN Parepare. (Aeny/Tin)


di dalam Berita
Nur Aeni K 8 Mei, 2022