LP2M Kolaborasi Balitbang Agama Makassar Gelar Academic Writing bagi Peserta KKN Moderasi Beragama

26 Juli, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare berkolaborasi dengan Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Agama Makassar menggelar kegiatan academic writing bagi peserta KKN Moderasi Nusantara, Kamis, (27/07/2023) di Hotel Grand Metro Permai, Tana Toraja.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Litbang Agama Makassar, Saprillah didampingi Ketua LP2M IAIN Parepare M. Ali Rusdi bersama para narasumber dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Moderasi Nusantara IAIN Parepare.

Ketua LP2M IAIN Parepare M. Ali Rusdi dalam sambutan mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara LP2M dan Litbang Agama Makassar untuk mendorong luaran program pengabdian peserta KKN Nusantara melahirkan publikasi ilmiah.

“Hal yang kita harapkan dari peserta KKN Moderasi Beragama bukan saja karya pengabdian di masyarakat, melainkan juga mendorong lahirnya karya tulis ilmiah sebagai outcome utama KKN Moderasi Beragama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Litbang Agama Makassar, Saprillah mengatakan academic writing ini bertujuan untuk memberi gambaran kepada peserta KKN untuk berkontribusi dalam pengarustamaan moderasi beragama melalui karya ilmiah.

“Kami menyediakan ruang khusus bagi peserta KKN Moderasi untuk menulis karya ilmiah yang berkaitan dengan penguatan moderasi beragama terutama dalam perspektif relasi agama, negara dan publik,” tuturnya.

Untuk diketahui, kegiatan Academic Writing ini mengusung tema "Moderasi Beragama Perspektif Kearifan Lokal Masyarakat Toraja". Kegiatan ini menghadirkan 30 mahasiswa perwakilan dari setiap posko sebagai peserta utama yang didampingi sejumlah DPL yang diharapkan melahirkan artikel jurnal yang akan dipublikasikan di Jurnal Mimikri Balitbang Makassar.

LP2M IAIN Parepare bersama Balitbang Agama Makassar berkomitmen agar dari kegiatan ini akan lahir karya monumental terkait moderasi beragama perspektif lokalitas yang dapat memberi sumbangsih bagi penguatan moderasi beragama di Indonesia bahkan dunia (Mhy/Tin).


 

 


di dalam Berita
mahyuddin 26 Juli, 2023