LP2M Pengabdian Berbasis Madrasah di Pesantren Zubdatul Asrar

5 Desember, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

LP2M Pengabdian Berbasis Madrasah di Pesantren Zubdatul Asrar

Humas IAIN Parepare- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare menggelar kegiatan Pengabdian Berbasis Madrasah yang berlokasi di Pondok Pesantren Zubdatul Asrar PCNU Parepare, Lappa Anging, Kelurahan Wattang Bacukiki, Bacukiki, Kota Parepare, Kamis (01/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Muh. Ali Ruadi, Kepala Pusat Pengabdian Musmulyadi, Kepala Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan Abdullah Tahir, dan narasumber Andi Aryo Mandala Putra.

Kegiatan ini mengangkat tema “Penguatan Ekonomi Pesantren melalui Pendekatan Agriculture” dan peserta berasal dari santri dari Pondok Pesantren Zubdatul Asrar, pembina dan masyarakat sekitar.

Muh. Ali Rusdi berterima kasih kepada pengurus pesantren atas jamuan dan mempersilakan IAIN Parepare bisa berkegiatan di pondok. Selanjutnya, Muh. Ali Rusdi berharap pesantren secara mandiri mampu menciptakan peluang dan produk sendiri, beberapa pesantren atau madrasah harus dibenahi kalau perlu kita ciptakan pesantren edu wisata dengan membangun potensi yang ada.

“Setelah tim Pengabdian Berbasis Madrasah melakukan survei, tim menyimpulkan potensi yang bisa dibangun di pesantren, perkebunan dan pertanian,” tutur Muh. Ali Rusdi.

“Saya rasa ada banyak potensi yang dapat ditemukan di pesantren ini, terutama budidaya ikan yang juga bisa melibatkan masyarakat di sekitar pesantren, tinggal butuh bimbingan dari ahli,” jelas Aryo. (fzs/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 5 Desember, 2022