Perpustakaan IAIN Parepare Raih Akreditasi Unggul

5 Desember, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Perpustakaan IAIN Parepare Raih Akreditasi Unggul

Humas IAIN Parepare — Akreditasi Perpustakaan IAIN Parepare terlaksana di Gedung UPT Perpustakaan IAIN Parepare oleh Badan Akreditasi Perpustakaan Nasional RI.

Kegiatan assesment yang terlaksana 10 s/d 12 November 2022 itu menetapkan penilaian terhadap 6 komponen yakni ; 1. Koleksi; 2. Sarana dan Prasarana; 3. Pelayanan Perpustakaan.; 4. Tenaga Perpustakaan; 5. Penyelenggaraan dan Pengelolaan.; dan 6. Penguat.

Assesment oleh Badan Akreditasi Perpustakaan Nasional mengutus dua orang asessor yakni Hj Martini Mansyur, S.Sos dan Darwanto S.Sos didampingi oleh sekretariat akreditasi dan standarisasi Perpustakaan Nasional, Saskia Lupita, A. Md.

Setelah melakukan verifikasi berkas dan berkunjung langsung di Perpustakaan IAIN Parepare, tim asessor melakukan ekspose hasil penilaian terhadap 6 komponen yang dipersyaratkan UPT Perpustakaan IAIN Parepare. Itu dilakukan untuk pemenuhan dan kelayakan memperoleh nilai A dengan ketentuan melengkapi beberapa kekurangan yang langsung ditanyakan kepada 17 pengelola perpustakaan secara bergantian.

“Setelah melakukan expose penilaian di depan para pengelola perpustakaan dan Rektor, kami memutuskan bahwa UPT Perpustakaan IAIN Parepare memperoleh nilai 91 dan sebelum kami menghadapi sidang di Perpustakaan Nasional diharapkan Perpustakaan IAIN Parepare mengirimkan data-data penting yang dapat kami pertahankan sehingga Perpustakaan IAIN Parepare dapat memperoleh nilai A secara lengkap,” ungkap Ketua Tim Assesor, Hj Darmiati Mansyur.

Perihal pencapaian akreditasi A atau unggul, Sirajuddin selaku Kepala Perpustakaan menyampaikan beberapa persiapan yang sudah dilakukan untuk menghadapi re-akreditasi perpustakaan Tahun 2022.

“Kami sudah menyiapkan semaksimal mungkin dan melengkapi data di setiap komponen penilaian ini. Bahkan sejak beberapa bulan yang lalu telah melakukan persiapan dan kelengkapan menghadapi reakreditasi yang terdiri dari 6 komponen penilaian. Kami merasa bahwa akreditasi A atau unggul yang kami peroleh ini tidak lepas dari dukungan pimpinan dan kesungguhan tim pengelola perpustakaan di IAIN Parepare. Utamanya dalam mempersiapkan segala hal yang berpotensi meningkatkan nilai pada periode akreditasi yang dihadapi,” ungkap Sirajuddin.

Di ruang rapat lantai 5 Perpustakaan kepada Assesor dan di depan para pengelola perpustakaan, Rektor IAIN Parepare, Dr Hannani memberikan tanggapan dan apresiasi kepada Tim Perpustakaan yang sudah bekerja maksimal menghadapi Assesment Akreditasi Perpustakaan.

“Kami mengapresiasi tim asessor yang dalam dua hari ini terus melakukan penilaian dari beberapa komponen yg dipersyaratkan, tentu nilai unggul atau akreditasi A yang dicapai perpustakaan ini wajib untuk dipertahankan dan unsur pimpinan yang terkait diharapkan melengkapi dan menindak lanjuti catatan assesor untuk memprioritaskan kebutuhan peningkatan nilai akreditasi perpustakaan khususnya perihal peningkatan jumlah koleksi, anggaran dan pengadaan layanan lokal konten dan hal lain yg dipersyaratkan,” ujar Hannani. (srj/alf)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 5 Desember, 2022