LPM IAIN Parepare Gandeng Best Q Institut Gelar Pelatihan Auditor Audit Mutu Internal

7 September, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare —Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri Parepare dan BEST Q Institut menyelenggarakan Pelatihan Auditor Audit Mutu Internal, Selasa (06/09/2022).

Hadir sebagai narasumber Staf Ahli/Professional LPM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sekaligus CEO Best Q Institut, Rosihan Aslihuddin, M.A.B., C.R.A., C.R.P beserta timnya.

Sekretaris LPM, Islamul Haq, menjelaskan bahwa peserta calon auditor ini sebanyak 26 orang yang berasal dari dua perguruan tinggi yaitu dari IAIN Parepare sebanyak 25 orang dan STAI DDI Sidrap satu orang. Pelatihan calon auditor ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai 6-8 September 2022.

“Kami dari LPM menyadari bahwa pada setiap perguruan tinggi itu harus memiliki auditor dan tidak semua dosen bisa menjadi auditor. Adapun salah satu kriteria yang harus dimiliki adalah hanya auditor yang sudah mendapatkan pelatihan termasuk pelatihan dari Best Q Institut yang layak menjadi auditor,” ungkap Islamul.

Islamul Haq mengatakan, sebentar lagi IAIN Parepare akan menghadapi APT Perguruan Tinggi, jika dilihat dari metri C2-nya. Khususnya pada penjaminan mutu. Ada lima aspek yang harus dipenuhi yaitu selain dari aspek SPMI juga ada auditor, hasil audit dan tindak lanjut.

“Maka dari itu LPM berinisiatif untuk melakukan kegiatan pelatihan calon auditor untuk audit mutu internal,” tambahnya.


Rosihan Aslihuddin yang biasa disapa Cak Ro berharap agenda yang akan dirancang untuk pelatihan calon auditor mendapat keberkahan dan kredibilitas.

Ada beberapa hal disampaikan oleh Rosihan bahwa Best Q institute adalah merupakan badan yang memiliki legalitas atas penyeleggaraan pelatihan ataupun training beberapa pengembangan terkait SDM, serta bergerak di bidang system manajemen mutu kemudian system manajemen teknologi informasi serta beberapa pengembangan lainnya.

“Dalam hal ini kami telah menjalin kerjasama dengan IAIN Parepare terkait dengan pengembangan SDM untuk memastikan adanya pemenuhan atas implementasi dari system penjaminan mutu internal yaitu siklus evaluasi pada siklus PPEPP. Oleh karena itu auditor dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai penjaminan mutu internal,” ungkapnya.

“Salah satu yang menjadi kendala dalam pelaksanaan akreditasi sering berbenturan pada siklus evaluasi, atau auditoring internal yang kurang memadai. Oleh karena itu melalui pelatihan ini kita betul-betul akan mencanangkan adanya komitmen bersama,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan auditor ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani, M.Ag. Ia berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan kredibiltas bagi calon auditor.

“Harapan kami setelah pelatihan ini, nantinya akreditasi program studi ada yang meraih akreditasi unggul meskipun tidak semua program studi. Tetapi salah satunya bisa menjadi program studi yang diunggulkan,” harap Rektor.

Adapun materi yang akan didapatkan oleh peserta calon auditor sebelum mengikuti post test di akhir pertemuan diantaranya ada materi pendekatan system dalam pengelolaan pergurun tinggi, penyusunan panduan audit: teori dan praktik, dan teknik penulisan laporan audit mutu internal. (eny/alf)



di dalam Berita
Nur Aeni K 7 September, 2022