LPM Tingkatkan Kompetensi Dosen & JFT Teknologi Pembelajaran Melalui Bimtek Media Pembelajaran Digital

29 November, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare dibawah Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM melaksanakan kegiatan Bimtek Media Pembelajaran Digital Jum'at-Sabtu, (24-25/11/2023) di Gedung Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare. Kegiatan menghadirkan narasumber dari Universitas Negeri Jakarta, Bapak Dr. Cecep Kustandi, M.Pd dan Ibu Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si dari Universitas Negeri Makassar. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II, Firman, yang dihadiri oleh 70 orang peserta yang terdiri dari dosen dan tendik Jabatan Fungsional Teknologi Pembelajaran pada Fakultas dan Pascasarjana lingkup IAIN Parepare. 

"Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan Sub-CPMK akan membantu mahasiswa untuk memahami materi perkuliahan, apalagi media berbasis digital" ungkap Wakil Rektor II pada kegiatan pembukaan. 

Sementara itu, Ketua LPM Muhammad Qararuddin, mengatakan kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran melalui media pembelajaran yang interaktif oleh dosen dan tenaga kependidikan.

"Media pembelajaran digital perlu untuk dipelajari oleh dosen dan tendik JFT TP agar mutu pembelajaran semakin baik dan memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa", ungkapnya. 

Dalam kegiatan ini berbagai media pembelajaran diperkenalkan oleh pemateri yang terdiri dari penggunaan canva untuk interaktif dengan mahasiswa, canva untuk membuat modul pembelajaran yang sesuai dengan CPMK dan atau sub-CPMK, seperti pemanfaatan aplikasi slido.com, sessaw.me, kumospace, gather.town, menti.com, renderforest.com, tom.app, dan pemanfaatn chat GPT untuk penyusunan buku ajar. 

Ketua LPM berharap setelah kegiatan ini dilaksanakan, para dosen betul-betul melaksanakan sistem student center learning dengan baik sehingga pembelajaran lebih bermakna dan semua perangkat pembelajaran dipersiapkan dengan baik sebelum waktu perkuliahan dilaksanakan.

Kegiatan ini kami laksanakan agar dosen dan tendik teknologi pembelajaran dapat bekerjasama dalam membuat media pembelajaran, dimana dosen berfungsi untuk penyusunan konten materi pembelajaran dan tendik TP berfungsi untuk mendesain media", tutup Nurleli, Kapus Pengembangkan Kurikulum dan SDM LPM (Mhy/Mif).


di dalam Berita
mahyuddin 29 November, 2023