Ma'had Aljamiah Adakan Mujawwad Al-Qur'an, Haflah Al-Qur'an, dan Maulid

29 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Ma’had Aljamiah Adakan Mujawwad Al-Qur’an, Haflah Al-Qur’an, dan Maulid

Humas IAIN Parepare–Ma’had Al-Jami’ah menggelar kegiatan Bimbingan Mujawwad Al-Qur’an, Haflah Al-Qur’an dan Maulid Nabi Muhammad saw. pada Ahad, (27/11/2022).

Kegiatan yang dimulai pukul 18.00 Wita tersebut dilaksanakan di 2 tempat berbeda. Kegiatan Bimbingan Mujawwad Al-Qur’an dilaksanakan di Masjid Alwasilah. Sementara, kegiatan Haflah Al-Qur’an dan Maulid Nabi Muhammad saw. dilaksanakan di Auditorium IAIN Parepare.

Kegiatan Haflah Al-Qur’an dan Maulid Nabi Muhammad saw. menghadirkan 2 qari nasional yaitu Dr. Baharuddin, S.Pd.I., M.Pd.I. dan Muhammad Hidayat Tahir, S.Sos. sebagai pemateri pada kegiatan tersebut.

Sementara itu, hikmah Maulid dibawakan oleh Dr. H. Suarning, M.Ag. dengan Tema “Kana Khulukuhu Qur’an”.

Direktur Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan.

“Ada 2 poin penting tujuan kegiatan ini dilaksanakan. Pertama, kita mau mendekatkan Al-Qur’an kepada mahasiswa terutama kepada mahasiswa baru karena berdasarkan hasil placement test ada kurang lebih 600 mahasiswa baru yang masih membutuhkan penanganan khusus terkait dengan bacaan Al-Qur’an. Saat ini kami melaksanakan GENCAR (Gerakan Pembinaan Baca Al-Qur’an) untuk mengatasi hal tersebut. Ditargetkan, selesai semester 1 atau 2 sudah tidak adalagi keluhan bahwa mahasiswa tidak mampu membaca Al-Qur’an. Kedua, karena dipadukan dengan kegiatan Maulid maka membaca Al-Qur’an adalah bukan hanya sampai membaca Al-Qur’an secara fasih tetapi tentu nilai-nilai yang ada di dalam Al-Qur’an harus di aplikasikan di dalam kehidupan,” ungkap Budiman.

Rektor Institut Agama Islam Negeri Parepare juga menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan tersebut.

“Malam ini kita berbangga sekali karena memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. dirangkaikan dengan Haflah Al-Qur’an. Kegiatan Haflah Al-Qur’an ini sangat luar biasa. Oleh sebab itu, sangat membahagiakan sekali mahasantri yang ada di Ma’had Al-Jami’ah mempelajari Al-Qur’an. Semoga suatu saat nanti mahasantri akan mengamalkan Al-Qur’an dan mengajarkan Al-Qur’an. Mudah-mudahan dengan tema yang sangat singkat ini, dapat menjadi jawaban dari pertanyaan sahabat Rasulullah terhadap Aisyah bahwa akhlaknya itu adalah sebagaimana yang ada di dalam Al-Qur’an,” kata Rektor.

Sementara itu, Dr. H. Suarning, M.Ag. menyampaikan makna kana khulukuhu dalam hikmah Maulid.

“Rasulullah saw. kana khulukuhu akhlak dari nabi itu adalah Al-Qur’an. Mempelajari Al-Qur’an adalah sebuah kewajiban bagi kita umat Rasulullah saw. Rasulullah saw. menyampaikan kepada kita semua ‘khoirukum‘ orang yang terbaik dari kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. Intinya adalah belajar,” tegas Suarning. (Rah/Tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 29 November, 2022