Mahasiswa BKI Siapkan Diri Terampil Konseling Krisis

28 November, 2023 oleh
saidinhamzah

Humas IAIN Parepare- Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare mengadakan kegiatan Workshop Keterampilan Konseling Krisis, bertempat di Ruang Seminar FUAD Lantai 1, Minggu (12/11/2023) 


Hadir dalam kegiatan Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah A. Nurkidam, Kaprodi BKI Emilia Mustary, Astinah Amirsyah dan Nurul Fajriani (Dosen BKI) dan mahasiwa BKI. 


Narasumber dalam kegiatan ini  Praktisi Psikologi,  Sitti Annisa Maharani Harusi. Ia salah satu Psikolog Daya Potensia Indonesia dengan pengalaman yang sangat banyak di bidang kebencanaan. Relawan Peduli Gempa NTB, Pendampingan Psikologis Korban Bencana Alam Palu, Sigi, Donggala, dan Kegiatan Dukungan Psikososial Pasca Bencana Di Masamba, dll.


"Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh setiap mahasiswa, khususnya mahasiswa BKI. Agar mahasiswa dapat terlibat langsung kepada masyarakat yang mengalami bencana untuk membantu  mencapai keadaan tenang dalam situasi krisis," ujar A. Nurkidam.


Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberikan beberapa kasus untuk melakukan role play dalam kelompok kecil dalam menghadapi situasi krisis di lokasi bencana. Tujuannya untuk memberikan keterampilan sederhana agar mahasiwa mampu menghadapi situasi krisis di masyarakat yang terkena bencana. 


Bantuan Psikologis Awal dalam situasi krisis bisa dilakukan oleh siapapun. Mahasiswa BKI dibekali untuk dapat melakukan hal tersebut dimulai dari hal sederhana dalam proses konseling, misalnya keterampilan mengamati, mendengarkan, hingga mengasah simpati dan empati kepada orang lain. Mahasiswa juga belajar dari kasus-kasus yang disampaikan oleh narasumber darI berbagai lokasi bencana yang telah dijalani sebelumnya. Sehingga, mahasiswa dapat memotret kondisi krisis masyarakat dari kasus yang dipelajari selama workshop. (shz/mif)


di dalam Berita
saidinhamzah 28 November, 2023