Mahasiswa MBKM Prodi Jurnalistik, Pembekalan di Tribun Timur

9 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare- Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur Ronald Ngintung menerima mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prodi Jurnalistik Islam di ruang lantai 2 Gedung Timur Timur . Penerimaan mahasiswa MBKM dirangkaikan dengan pembekalan sekaligus arahan sebelum pelaksanaan program MBKM, Kamis (09/03/2023).

Mahasiswa yang didampingi Ketua Prodi Jurnalistik Nahrul Hayat, dan panitia Abd. Rahman dan Mifda Hilmiyah. Nahrul Hayat menyampaikan terima kasih kepada Tribun Timur yang menerima mahasiswa MBKM. Program MBKM Prodi Jurnalistik diikuti oleh empat mahasiswa, yaitu Nurani, Nurannisa, Nur Arizka, dan Andini Sasriani.

Ronald Ngintung mengatakan bahwa alasan menerima mahasiswa MBKM karena Tribun Timur mendukung kemajuan pembangunan. Perlu adanya sinergi antara akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintahan dan media yang disebut Pentahelix . "Ketika media bersinergi dengan stakeholder, media ikut membantu pembangunan. Itu dilakukan Tribun Timur sehingga bekerja sama dengan pendidikan tinggi," tuturnya. "Kita juga menyediakan kegiatan khusus dengan bincang-bincang dengan akademisi, dan mahasiswa. Mahasiswa yang mempunyai prestasi dapat disebarkan lewat media sosial," jelas Ronald. "Terima atas kerja sama dengan IAIN Parepare," tambahnya. 

Ronald memaparkan trik Tribun Timur mencapai prestasi-prestasi selama ini. " Tribun Timur terbit 9 Februari 2004, semboyan kami tampil beda. Untuk tampil beda, gambar lebih banyak, agar lebih indah. Tribun Timur ibarat bayi yang bisa berlari. Dalam perkembangannya, AC Nielsen lembaga survei untuk media, di 2019 meneliti Tribun Timur . Hasil survei menyebutkan surat kabar ini dibaca 250.000 orang. Mulai 2019, sudah terjadi perubahan perilaku di dalam mengakses informasi melalui media maya. Banyak media cetak berhenti karena tidak mampu membiayai operasional. Tribun Timur juga beralih ke media online , termasuk di media sosial, tapi tetap menerbitkan media cetak," tutupnya. (mif)

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 9 Maret, 2023