Peminat Jalur SPAN PTKIN di IAIN Parepare Capai 2.351 Calon Mahasiswa

9 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare -- Pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) resmi ditutup. Panitia nasional telah melansir pengumuman hasil pendaftaran tersebut melalui akun resmi SPAN UMPTKIN, Rabu, 8 Maret 2023.

Dari 59 PTKIN di Indonesia, IAIN Parepare berada pada papan tengah jumlah terbanyak dengan total peminat 2.351 calon mahasiswa. Jumlah ini melampaui kuota IAIN Parepare jalur SPAN PTKIN, yaitu 760 orang. Jauh lebih tinggi dari IAIN Bone dan IAIN Palopo, bahkan lebih diminati dari sejumlah UIN di Indonesia.

“Alhamdulillah, jumlah pendaftar IAIN Parepare melalui jalur SPAN PTKIN melampaui kuota yang akan diterima, yaitu 760 orang,” kata Humas IAIN Parepare, Suherman saat diminta tanggapannya, Kamis (9/3/2023).

Suherman merincikan, 2.351 orang pendaftar dibagi pada dua pilihan PTKIN, yaitu pilihan PTKIN I sebanyak 757 orang dan pilihan II sebanyak 1.594 orang. 

“Artinya, pendaftaran masuk ke IAIN Parepare melalui jalur SPAN PTKIN ini cukup kompetitif, karena 2.351 orang mendaftar, hanya 760 yang akan diterima,” tegasnya.

Suherman menjelaskan, bagi calon mahasiswa yang nantinya dinyatakan lulus pada jalur SPAN PTKIN, dapat segera melakukan pendaftaran ulang pada tanggal yang telah ditetapkan. “Hasil seleksi diumumkan pada tanggal 3 April 2023, pendaftaran ulang dimulai tanggal 6 sampai 28 April 2023,” jelasnya.

Bagi yang tidak tertampung atau lolos pada jalur SPAN PTKIN, sambungnya, IAIN Parepare masih memberikan peluang melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tingi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang akan dibuka pada tanggal 10 April sampai 15 Mei 2023.
Hasil pendaftaran melalui jalur SPAN PTKIN ini disambut suka cita Rektor IAIN Parepare, Hannani yang disampaikan saat memberikan sambutan pada kegiatan Kuliah Umum semester genap 2022/2023. Apreasiasi khusus dari Rektor juga disampaikan melalui whatshapp grup.

“Terima kasih kepada seluruh civitas academica atas partisipasinya dan terkhusus kepada panitia SPAN PTKIN saya sampaikan apresiasi dan penghargaan atas kerja kerasnya dalam mensosialisasikan dan mempromosikan kampus IAIN Parepare sehingga target bisa tercapai,” tulis Hannani dalam group media sosial platform whatsapp. (suh/alf)

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 9 Maret, 2023