Mahasiswa Tadris IPS Ikuti Pelatihan Karya Tulis Penelitian dan Publikasi

20 September, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mengikuti pelatihan karya tulis penelitian dan publikasi. Kegiatan ini dilaksanakan di perpustakaan IAIN Parepare mulai tanggal 16 sampai 18 September 2023.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber di antaranya hari pertama diisi oleh Dr. Ermawati, MSi (Dosen Fakultas SAINTEK UIN Alauddin), Dr. Abu Muslim, S.H.I., M.H.I. (Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional) dan hari ketiga sesi pendampingan oleh Fawziah Zahrawati B, M.Pd. dan Jumaisa, M.Pd.

Menurut Ketua Prodi Tadri IPS, Dr. Ahdar mrngatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali mahasiswa Tadris IPS mengenai metodologi penelitian pendidikan khususnya penelitian kuantitatif dalam ilmu sosial yang sering dihindari oleh para mahasiswa karena adanya anggapan bahwa penelitian kuantitatif sulit untuk dilaksanakan. (Hyn/Mif)


Selain itu, melalui kegiatan ini, para mahasiswa diberikan tips dan trik menulis dan mempublikasikan artikel, menemukan jurnal tujuan yang potensial, tekhnik paraprase untuk menurunkan persentase similiarity naskah artikel, dan pemanfaatan mendeley sebagai managemen referensi.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung kepada para peserta kegiatan dalam menyelesaikan tugas akhirnya dan juga dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan akreditasi Program Studi IPS,” ucapnya.

Berbagai materi dibahas oleh narasumber di antaranya konsep dasar penelitian kuantitatif dalam ilmu sosial, teori dan praktik metode penelitian kuantitatif dalam ilmu sosial, tips dan trik menulis, mempublikasi artikel penelitian, pengenalan jurnal, template, buat akun dan submit, tips menemukan jurnal potensial untuk publikasi bagi pemula dan urgensi originalitas artikel dan pemanfaatam mendeley sebagai managemen referensi.



di dalam Berita
Hayana 20 September, 2023