Mantapkan Pelaksanaan MBKM, Panitia Gelar Rapat Koordinasi dengan DPL

8 September, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Panitia pelaksanan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan rapat koordinasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  MBKM selepas kegiatan pembekalan, Juma’t (08/09/2023) melalui zoom meeting.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Ketua LPM, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta Tim Panitia MBKM.

Nurleli Ramli, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM Selaku Penanggungjawab MBKM, mengatakan pelaksanaan rapat koordinasi ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kualitas Pelaksanaan Program MBKM  pada semester ganjil Tahun Akademik 2023/2024.

“Rapat ini selain menyamakan persepsi, juga memberikan gambaran kepada dosen DPL perihal peran dan tugas mereka selama program berlangsung mulai dari sistem kontrol, sistem penilaian, hingga konversi nilai,” ungkapnya.

Program MBKM sendiri, dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh, siap kerja, atau menciptakan lapangan kerja baru.Melalui program MBKM yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik, maka hard skills dan soft skills mahasiswa akan terbentuk dengan kuat.

Program MBKM diharapkan dapat menjawab tantangan bagi Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat.

Dengan demikian, peran Dosen Pembimbing Lapangan sebagai fasilitator, mendampingi aktivitas mahasiswa di semua tahapan pelaksanaan MBKM juga memiliki posisi penting untuk memaksimalkan program MBKM, sehingga para mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman belajar dengan baik di luar kampus.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan program kegiatan terutama output MBKM, untuk mengidentifikasi berbagai kendala serta solusi yang diperlukan untuk perbaikan pelaksanaan program MBKM di IAIN Parepare.

Hasil rapat koordinasi ini akan digunakan untuk perbaikan mutu pelaksanaan MBKM disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan, prioritas, sumber daya manusia, dan sarana dan prasarana yang tersedia di IAIN Parepare (Mif/Mhy).


di dalam Berita
mahyuddin 8 September, 2023