Pembekalan MBKM, Mahasiswa Diharapkan Bangun Jaringan dan Tingkatkan Kualitas Diri

8 September, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM pada Lembaga Penjaminan Mutu melaksanakan pembekalan kepada Peserta Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Jum'at, (08/09/2023) di Aula Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare.


Kegiatan pembukaan tersebut dihadiri Wakil Rektor I Bidang APK, H. Saepudin, Ketua LPM, Muhammad Qadaruddin, Para Dekan dan Ketua Prodi serta Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM, Nurleli Ramli yang membidangi pelaksanaan program MBKM.


Kegiatan MBKM pada semester ganjil TA 2023/2024 kali ini, akan dilaksanakan di 29 instansi yang tersebar pada tingkat internasional 1 instansi, tingkat nasional 2 instansi, dan tingkat lokal sebanyak 26 instansi. Total mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM sendiri, sebanyak 81 mahasiswa dari empat fakultas lingkup IAIN Parepare.


Wakil Rektor I, H. Saepudin dalam sesi pembukaan mengingatkan para peserta MBKM agar melaksanakan seluruh rangkaian MBKM dengan baik sesuai prosedur yang telah ditetapkan.


"Mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM diharapkan mampu untuk menjaga nama baik almamater dan berakhlatul karimah serta dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kesepakatan Perolehan Kredit Pembelajaran (KP-KP) dengan lembaga mitra," ujar Wakil Rektor Bidang APK.


Wakil Rektor I berharap agar kegiatan MBKM di masa yang akan datang terus ditingkatkan berdasarkan hasil evaluasi bersama, dan MBKM ini menjadi ajang untuk promosi kampus kepada mitra agar para alumni lebih mudah diterima bekerja setelah menyelesaikan studi.


"Semoga kegiatan MBKM ini dapat menjadi suatu bentuk promosi kepada mitra sehingga mereka dapat mempertimbangkan mahasiswa MBKM untuk diterima kerja yang berdampak pada daya serap alumni kurang dari 3 bulan," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua LPM, Muhammad Qadaruddin juga menyampaikan agar mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk aktif meningkatkan jaringan komunikasi dan meningkatkan kualitas diri.


"Kegiatan MBKM ini menjadi salah satu portofolio kerja mahasiswa ketika sudah lulus terutama yang akan melamar kerja atau melanjutkan studi dengan beasiswa, maka manfaatkan jalinan pertemanan Anda dan terus asah kemampuan diri Anda dari pengalaman yang didapatkan dari program MBKM," harapnya.


Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM bersama Tim Panita pada kegiatan MBKM kali ini menghadirkan para narasumber dari praktisi guru penggerak, media, dan perbankan sebagai narasumber utama. Para narasumber ini, berbagi praktik kerja dan pengalaman dengan mahasiswa peserta MBKM sebagai bekal mereka dalam melaksanakan program MBKM.

"Harapan kami peserta MBKM ini dapat melaksanakan perannya dengan baik selama mengikuti program di instansi masing-masing. Untuk itu, kita hadirkan langsung praktisi tersebut sebagai suatu ikhtiar untuk terus mengembangkan program MBKM," ujar Nurleli Ramli, Kapus Pengembangan Kurikulum dan SDM (Mif/Mhy).


di dalam Berita
mahyuddin 8 September, 2023