Menag Jamin Ujian SSE - UMPTKIN Objektif, Warek 1 Nyatakan Panlok Siap Antisipasi Kendala Teknis

30 Mei, 2023 oleh
Suherman

Humas – IAIN Parepare --- Mulai hari ini, Senin (29/5/23) PTKIN menyelenggar Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan islam Negeri (SSE-UMPTKIN) secara serentak se- Indonesia. IAIN Parepare sendiri menjadi salah satu pusat penyelenggara kegiatan ujian tersebut yang berlangsung di ruangan multi media Lt. 4 Perpustakaan

Sebelum ujian dimulai, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas bersempatan memberi sambutan yang disiarkan secara online. Sambutan ini diikuti dan disimak secara serius oleh pimpinan, panitia lokal dan seluruh peserta SSE – UMPTKIN di IAIN Parepare, khususnya peserta ujian yang terjadwal pada hari pertama sesi satu (1).

“Sebuah pilihan tepat bagi peserta yang telah memilih dan memutuskan kuliah di PTKIN. Karena di PTKIN, mahasiswa bukan hanya diasa penajaman pengetahuannya, tetapi juga dididik untuk berakhlak mulia dan pengetahuan keislaman. Sehingga lulusan PTKIN memiliki value diri yang berbeda dengan lulusan dari perguruan tinggi umum,” papar Menag memberikan motivasi kepada peserta diawal sambutannya.

“Sesuai dengan namanya, ujian masuk ini berlangsung secara online dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Sistem ini memastikan prinsip objektivitas, adil dan transparan sehingga semua peserta memiliki akses yang sama untuk masuk ke PTKIN tanpa membedakan suku, asal daerah dan faktor etnisitas lainnya,” lanjut Menag dalam sambutannya.

Berbeda tahun lalu, lanjut Menag, dimana ujian masuk dilaksanakan di rumah masing-masing peserta, maka tahun ini ujian masuk dipusatkan di kampus-kampus PTKIN yang telah dipilih dan diawasi oleh dosen dan panitia dengan sistem ujian berbasis elektronik. “Sehingga saya yakin ujian tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu,” paparnya.

“Kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat menjawab soal-soal ujian. Silahkan mengikuti ujian dengan jujur. Karena tujuan yang baik harus dicapai dengan cara-cara yang baik pula. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia nasional dan lokal yang telah berkerja keras melaksanakan ujian dengan baik. Semoga ujian ini berjalan lancar,” doa Menag menutup sambutannya.


Sementara itu, Wakil Rektor Bidang APK IAIN Parepare, Dr. H. Saefudin, M.Pd., yang memantau langsung ujian SSE – UMPTKIN pada hari pertama menyatakan kesiapan panitia menggelar ujian tersebut. “Alhamdulillah, ujian pada sesi pertama ini telah berlangsung. Meski pun ada kendala dan hambatan, tetapi panitia telah siap dengan segala antisipasinya,” paparnya.

 


di dalam Berita
Suherman 30 Mei, 2023