Menjadi Pelopor Peringatan Tahun Baru Islam, Mahasiswa KKN NMB Posko 5 Mengusung Urgensi Moderasi Beragama

31 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1445 H, mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama Posko Lima menyelenggarakan kegiatan peringatan tahun baru Islam di Masjid Haqqul Yaqin, Lembang Uluway, Jumat (28/07/2023). Mengusung tema “Membangun Ukhuwah dalam Menjaga Toleransi Beragama” 

Muhammad Said, Koordinator Lembang Posko Lima menyampaikan kegiatan ini diadakan dengan menyatukan empat dusun di lembang Uluway. Dusun tersebut terdiri dari Dusun Roni, Ratuk, Buntuleon, dan Uluway. “Penyatuan kegiatan peringatan Muharram tersebut dilatarbelakangi karena pada tahun sebelumnya peringatan dilakukan sendiri-sendiri di setiap dusun. Di samping itu, peringatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempererat tali silahturahmi di antara masyarakat Lembang Uluway dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dis etiap tahun,” ujarnya. 


Mengusung spirit toleransi beragama peringatan ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat muslim saja, tetapi warga non-muslim pun turut hadir dalam kegiatan tersebut. Hal ini menunjukan bahwa toleransi sudah menjadi ruh dalam membangun harmoni sosial keagamaan di Lembang Uluway.  Sukardi selaku penceramah dalam kegiatan ini juga menyampaikan bahwa Muharram adalah bulan kemenangan para nabi dan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, spirit yang dicontohkan nabi penting untuk diteladani terutama dalam hidup bersama di tengah keyakinan berbeda. Pada hakikatnya, Islam adalah agama yang moderat (wasathiyah) sehingga memiliki sifat moderat dengan memposisikan diri di tengah-tengah dapat menjadi salah satu bentuk dalam mewujudkan masyarakat madani. 


Last but not least, kegiatan yang diinisiasi oleh para mahasiswa KKN NMB Posko Lima ini mendapat respon positif dari seluruh lapisan masyarakat, baik pemerintah, tokoh masyarakat dan para pemuda. Mereka hadir membersamai dan menyediakan makanan yang akan dikonsumsi dan dilelang. DiVsamping itu,VImam di Masjid Haqqul Yaqin Mustaqim juga memberikan apresiasi yang besar terhadap mahasiswa KKN Nusantara yang telah bekerja keras dalam membuat kegiatan peringatan tahun baru Islam. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan berkelanjutan. (Tim KKN, fzs/mif)



di dalam Berita
fikruzzamansaleh 31 Juli, 2023