Minoritas Muslim di Sekolah, Muhammad Saipullah Tetap Semangat Pelajari Agama Islam

25 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama (NMB) Posko 29 Lembang Buntu Limbung berkunjung ke Sekolah Dasar Negeri (SDN)  154 Limbong, Dusun Limbong, Kecamatan Gandang Batu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Senin (24/07/23).

SDN 154 Limbong  salah satu sekolah dasar yang berada di pegunungan. Sekolah tersebut memiliki 131 siswa yang mayoritas beragama Kristen. Dari 131 siswa, hanya satu siswa yang beragama Islam, yakni Muhammad Saipullah Harianto Mintin.


"Saipullah adalah siswa kelas 6. Saat jam pelajaran agama, Saipullah belajar sendirian dan mengandalkan buku bacaan, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Tidak ada guru pengampu mata pelajaran (mapel) Agama Islam di sekolah ini,"ujar Nosiana, salah satu guru SDN 154 Limbong. Lebih lanjut, Nosiana memaparkan jadwal di sekolah tersebut. "Jika punya waktu luang, hari Sabtu teman yang beragama Kristen bisa mengisi ibadah, Kamis sore pramuka, dan Senin Adik-Adik bisa datang, karena ada jadwal mapel Agama Islam," tutup Nosiana.
Sementara, itu Syarifah (Kordinator Desa Posko 29) berharap dapat dapat membangun kolaborasi dengan pihak sekolah. "Kami siap membantu jika Bapak Ibu membutuhkan," ungkap Sarifah Aini.


Pada akhir perkenalan, pihak guru meminta mahasiswa KKN untuk mengajarkan Saipullah tentang Mapel Agama Islam. Proses pembelajaran berlangsung selama satu jam di gazebo halaman sekolah.  (tim KKN, fzs/Tin)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 25 Juli, 2023