Musim Beasiswa: Dosen, Mahasiswa dan Karyawan Serbu TOEFL ITP IAIN Parepare

10 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare-TOEFL ITP bukanlah singkatan kata yang asing bagi para pemburu beasiswa. Saat perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri membuka peluang beasiswa, TOEFL ITP adalah salah satu target bagi Dosen, Mahasiswa hingga Karyawan. 

Test of English as a Foreign language Institutional Testing Program atau disingkat TOEFL ITP, merupakan tes yang diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Princeton, New Jersey Amerika Serikat dengan peserta tes yang tersebar di seluruh di dunia. Listening, Structure, dan Reading Comprehension adalah 3 skill yang diuji dalam Test TOEFL ITP, dengan durasi waktu selama 115 menit. 

Setelah melalui tahap tes bertaraf internasional ini, para peserta akan memperoleh sertifikat berisi nilai hasil tes yang akan menjadi salah satu bahan pertimbangan di dunia kerja, syarat kenaikan pangkat hingga beasiswa jika telah melampaui batas skor yaitu 550 (Paper Based).

UPT. Bahasa IAIN Parepare merupakan salah satu perguruan tinggi di Sulawesi Selatan yang memperoleh kepercayaan untuk menyelenggarakan TOEFL ITP. 

“Antusiasme peserta tes tidak boleh kita patahkan, kami berusaha sekuat tenaga agar Tes TOEFL ITP dapat berlangsung setiap bulan”, tegas Hj.Nurhamda, M.Pd. Kepala UPT. Bahasa IAIN Parepare. 

Hari ini Jumat/10/2/2023 adalah kali kedua pelaksanaan TOEFL ITP tahap satu yang berlangsung Januari lalu. “Jika ditotalkan sampai hari ini terdapat 50 peserta yang melaksanakan TOEFL ITP terhitung mulai Januari”, ujar Amel salah satu Pengawas Tes TOEFL ITP IAIN Parepare.

Para peserta tes berasal dari dari kalangan dosen, mahasiswa dan karyawan. Meskipun cukup merogoh kocek karena sesungguhnya Tes TOEFL ITP ini diselenggarakan langsung oleh Kantor ETS (Educational Testing Service), namun hal tersebut tidak menyulutkan semangat para peserta tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris mereka. “Sebelumnya saya telah mengikuti TOEFL Prepare dan sekarang saya ingin melakukan Tes TOEFL ITP”, tandas Nurfitriani, M.M. salah seorang dosen IAIN Parepare.

Seluruh Civitas akademika ataupun masyarakat umum dapat mengakses semua informasi tentang tes TOEFL ITP pada akun instagram UPT Bahasa_iainparepare. UPT Bahasa IAIN Parepare sangat menjaga kepercayaan dari pihak IIEF, dengan cara memastikan para peserta tes memperoleh pelayanan terbaik. Pelayanan cepat dari pihak Admin, dan informasi aktual. Sistem pelaksanaan tes yang objektif, kredibel, dan transparan, untuk menghindari tindak perjokian atau kecurangan lainnya dalam pelaksanaan tes. (Aw/Sr)




di dalam Berita
Hayana 10 Februari, 2023