Naik Peringkat Sinta 4, Dua Jurnal Terakreditasi IAIN Parepare Target Indeksasi Internasional

1 Agustus, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Torehan prestasi kembali diraih oleh dua jurnal terakreditasi di bawah naungan Fakultas Tarbiyah dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Dua jurnal tersebut adalah Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam dan Inspiring: English Education Journal yang berhasil naik peringkat 4 akreditasi Science and Technology Index (Sinta). 


Hasil ini diperoleh berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 79/E/KPT/2023 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 1 Tahun 2023 yang dirilis, Senin (31/7/2023). 


Sebelum naik peringkat ke Sinta 4, Al-Ishlah dan Inspiring adalah jurnal terakreditasi Sinta 5 yang mengusulkan reakreditasi akhir tahun 2022 lalu. Capaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak, termasuk tim pengelola jurnal masing-masing dan tim Sao Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) yang senantiasa mengawal proses reakreditasi sejak awal. 


"Alhamdulillah, selama proses sejak bulan Desember 2022, pengajuan reakreditasi melakukan reafirmasi manajerial untuk memperbaiki sistem sirkulasi artikel sesuai standar ketentuan Dikti tentunya dengan dukungan dari SAO Jurnal IAIN Parepare. Ke depannya, tim jurnal Al-Ishlah akan tetap menjaga konsistensi kerja demi meningkatkan level tingkat bereputasi nasional dan harapannya internasional," terang Syarifah Halifah selaku pengelola jurnal Al-Ishlah.


Hal serupa juga disampaikan oleh pengelola jurnal Inspiring. "Kami sangat lega dan bersyukur bisa naik peringkat. Ini hasil kerja keras tim dan seluruh pihak yang telah mendukung kami. Doakan ke depannya kami bisa capai target untuk indeksasi internasional," ujar Kalsum yang juga dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.


Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Dr. Muhammad Ali Rusdi, M.H.I dan Kepala Pusat Publikasi, Muhammad Majdy Amiruddin M. M.A. pun sangat mengapresiasi capaian ini. Mereka mengakui capaian tersebut merupakan keseriusan pengelola yang terus meningkatkan kualitasnya.


"Kami apresiasi pengelola Jurnal Inspiring dan Jurnal Al-Ishlah atas hasil reakreditasinya. Ini bentuk keseriusan pengelola dalam meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal lingkup IAIN Parepare, semoga ke depan bisa ditingkatkan untuk menuju Sinta 2," ujar Ali Rusdi.

Alhamdulillah, kami dari pengurus Sao Jurnal ucapkan selamat atas pencapaian dua Jurnal yang baru direakreditasi dari Sinta 5 dan 6 ke Sinta 4, yakni Jurnal Al-Ishlah dan Jurnal Inspiring yang keduanya Jurnal di Fakultas Tarbiyah. Raihan ini adalah prestasi yang patut disyukuri dan diapresiasi karena kedua Jurnal ini sudah menunjukkan grafik yang menggembirakan. Kedua Jurnal ini sudah dalam on track dalam perkembangan Jurnal di IAIN Parepare. Target kami ke depannya adalah perbaikan substansi dan globalisasi untuk pengajuan indeksasi Internasional Bereputasi," tambah Muhammad Majdy. (mm/alf)

https://storage.googleapis.com/arjuna-files/file/info/Salinan_79_E_KPT_2023.pdf

https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah

https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/inspiring/index


di dalam Berita
muajizmuallim 1 Agustus, 2023