OPINI: Upaya Cerdaskan Anak-Anak, Mahasiswa PPL BKI Kolaborasi Mahasiswa Psikologi UNM

30 Oktober, 2023 oleh
Hayana

Penulis: Khairuddin (Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare)


Humas IAIN Parepare--- Salah satu impian dan tujuan bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai calon penerus dan pelanjut budaya dan keaslian maupun kemurnian segala yang ada di bumi pertiwi, diantaranya adalah suku, ras, budaya, agama, maupun adat istiadat yang ada di Indonesia tercinta. Hal ini yang menjadikan sebuah rekonstruksi positif untuk senantiasa menjadikan generasi lebih pro aktif dalam menjalani keseharian baik itu melalui pendidikan akademik maupun non akademik. 


Dalam pandangan pendidikan akademik maka yang akan diterima oleh para generasi adalah proses belajar secara formal seperti dalam kelas atau sejenisnya, sedangkan dalam konteks non akademik yang akan menjadi kegiatannya adalah belajar di luar ruangan sehingga juga akan menjadikan suasana belajar yang lebih nyaman dan mudah untuk di terima karena langsung berhubungan dengan alam. sebagaimana dalam Agama Islam hubungan yang mesti dijawab dan dilakukan adalah hubungan kepada Allah, hubungan kepada Manusia dan juga hubungan dengan Alam. 


Hal inilah yang menjadi dorongan dan motivasi dari mahasiswa yang IAIN Parepare dan juga mahasiswa UNM yang  terlibat dalam kegiatan Praktek Pengabdian Lapangan (PPL) dan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Proyek Kemanusiaan yang berlokasi di Rumah Belajar Cinta Damai (RBCD) Parepare. Para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini tergabung dalam program studi Bimbingan Konseling Islam dan Psikologi, sehingga hal ini yang menjadikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan mampu berjalan dengan baik dan sejalan dengan apa yang diharapkan. Salah satu bentuk kegiatan yang saat ini sedang berjalan dan dilaksanakan adalah kegiatan kampung mengajar yang salah satu tempat pelaksanaannya berada di Kampung Duri, Kota Parepare. 



Adapun metode yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak yang ada di lokasi tersebut. Yang menjadi model pengajaran yang dilaksanakan adalah model yang diselingi beberapa cara diantaranya belajar Bahasa Indonesia dasar seperti mengajar membaca dan menulis juga dilaksanakan dengan beberapa model permainan yang dirancang sedemikian rupa sehingga anak-anak yang ikutr bermain akan merasakan keceriaan dan kebahagiaan yang luar biasa. 

di dalam Berita
Hayana 30 Oktober, 2023