Pahami SAKTI, Sub Bagian Keuangan Workshop Peningkatan Kompetensi

6 Juli, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan bidang Keuangan tahun 2022 dilaksanakan di Gedung Perpustakaan lantai 5.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari di dua tempat berbeda, Rabu-Jumat (06-07/07/2022). Hari pertama dilaksanakan di IAIN Parepare sedangkan hari kedua dan ketiga dilaksanakan di Lagota Cafe, Parepare.

Sebanyak 21 orang menjadi peserta dalam workshop ini, mulai dari unsur pejabat, hingga para pengelola keuangan kampus.

Koordinator Sub Bagian Keuangan IAIN Parepare Muhammad Ishak mengungkapkan para tenaga pendidik hingga dosen yang mendapatkan tugas tambahan perlu peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan, termasuk pengelolaan keuangan berbasis aplikasi yang bernama Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI).

Sistem ini mencakup seluruh proses pengelolaan keuangan negara pada Satker dimulai dari proses penganggaran, pelaksanaan, hingga pelaporan.

“Sejak dilakukan proses transaksi melalui SAKTI, memang di dalamnya itu prosesnya terang-terangan mulai dari proses penganggaran, kemudian mengatur bagaimana komitmennya,” ucap Muhammad Ishak.

Lebih lanjut, Ishak mengungkapkan akan pentingnya para pejabat mengikuti workshop ini.
“Perlu ada bekal, bagaimana agar para pejabat tidak salah langkah di dalam melaksanakan kegiatan yang ada anggarannya,” ucapnya.

Sementara, Rektor IAIN Parepare Hannani mengimbau agar para peserta fokus mengikuti workshop ini. Selain itu, ia juga berpesan terkait program kerja setiap unit maupun program studi.

“Di tahun 2022 ini, bulan10 atau 11 kita matangkan semua program-program kita untuk di tahun 2023. Sehingga di tahun 2023 bulan 2 sudah terjadwal semua kegiatan,” ungkapnya. (Aen/Mif)



di dalam Berita
Nur Aeni K 6 Juli, 2022