Peduli Korban Tanah Longsor di Toraja, Aliansi Ormawa IAIN Parepare Salurkan Bantuan

28 April, 2024 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare -- Tergerak oleh rasa kepedulian terhadap sesama, Aliansi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) IAIN Parepare bergerak cepat menyalurkan bantuan kepada korban tanah longsor di Mangau, Makale, Tana Toraja, Sabtu (27/4/2024).


Bantuan yang diberikan berupa sembako beras, telur, mie, minyak dan peralatan sekolah yang disesuaikan dengan kebutuhan korban.


Wakil Rektor 3 M. Ali Rusdi mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini menunjukkan mahasiswa IAIN Parepare Memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi "Senang melihat mahasiswa memiliki jiwa pengabdian pada kemanusiaan,  tentu kegiatan Aksi sosial yang dilaksanakan di Tanatoraja memiliki maksa mendalam sebab masyarakat Tanatoraja sangat terbuka dan membantu saat pelaksanaan KKN Nusantara Moderasi Beragama kemarin, merupakan wujud implementasi hadis Nabi Muhammad saw, Khairunnas anfauhum linnasi" Ujarnya


Kegiatan penyaluran bantuan ini disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat. Mereka sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan, terutama karena sangat membantu meringankan beban mereka pasca bencana.


"Masyarakat sangat welcome dengan kehadiran rombongan yang telah membawakan sembako, tentu beliau juga berterima kasih dengan bantuan yang telah diberikan, sebab sangat membantu masyarakat yang terkena bencana," ungkap Ika yang merupakan salah satu warga.


Mewakili Aliansi Ormawa IAIN Parepare, Muhammad Risal. S sebagai Presiden Mahasiswa (Presma), menyampaikan rasa duka mendalam atas peristiwa tanah longsor yang menimpa masyarakat Tana Toraja.


"Tentu dengan adanya bencana tersebut, membuat kami tersentuh dan merasakan duka yang dirasakan oleh masyarakat Tana Toraja. Melihat secara jelas lokasi kejadian memang sangat rawan terjadi Longsor di beberapa lokasi yang ada di Toraja," tuturnya.


Lebih lanjut, Muhammad Risal menjelaskan bahwa pihaknya tergerak untuk membantu setelah melihat kondisi memprihatinkan para korban.


"Mendengar penyampaian dari Lurah Mangau, Makale Tana Toraja bahwa beberapa daerah termasuk zona merah rawan Longsor," ujarnya.


Ia pun berharap agar tidak ada lagi bencana susulan yang terjadi di Toraja dan masyarakat tetap waspada demi keselamatan.



"Selama perjalanan, memang ada beberapa lokasi pasca longsor, sehingga saya berharap tidak ada lagi longsor susulan yang terjadi di Toraja dan masyarakat tetap harus waspada demi keselamatan. Tentu pemerintah Tana Toraja juga harus selalu siap siaga menjemput serta mengantisipasi terjadinya kejadian yang sama," pungkasnya.


Kegiatan penyaluran bantuan ini merupakan wujud nyata kepedulian dan semangat gotong royong mahasiswa IAIN Parepare dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban dan membantu mereka untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala.(fzs/alf)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 28 April, 2024