Pembukaan Kuliah Semester IAIN Parepare Diwarnai Pengukuhan Pembina UKK dan UKM

9 Maret, 2023 oleh
Pembukaan Kuliah Semester IAIN Parepare Diwarnai Pengukuhan Pembina UKK dan UKM
Ade Musytahun Wahid

Humas IAIN Parepare -- Memasuki semester baru, sebagian sivitas Akademika IAIN Parepare mengikuti pembukaan kuliah semester genap tahun akademik 2022/2023 di Gedung Auditorium, Rabu (8/3/2023).

Pembukaan kuliah ini diawali dengan laporan Wakil Rektor Bidang APK IAIN Parepare, Saepudin. Ia menyebutkan bahwa pelaksanaan perkuliahan semester genap ini akan dilaksanakan secara offline

"Namun demikian tetap menggunakan sisfo kampus atau menggunakan edlink,” ungkap Saepudin.

Dalam laporannya, mantan Dekan Fakultas Tarbiyah itu juga  mengumumkan sejumlah nama dosen yang produktif melakukan publikasi ilmiah pada semester sebelumnya. Diantaranya Muhammad Majdy Amiruddin, Andi Rio Makkulau, Islamul Haq, M. Ali Rusdi dan Abdul Khalik. 



Adapun orasi ilmiah diisi oleh Dr Agus Muchsin, M.Ag dengan judul "Kontraksi Fikhi Akademik Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam di Era Disrupsi". Selain itu, ada juga orasi ilmiah kedua oleh Dr Herdah, M.Pd. dengan judul "Akulturasi Bahasa Arab dan Bahasa Bugis dalam Bingkai Budaya Lokal." 



Di tempat yang sama, Rektor IAIN Parepare, Hannani dalam sambutannya menyampaikan beberapa hasil riset. Di antaranya hasil riset world economic forum dan beberapa situs resmi lainnya. Ia mengatakan bahwa sebagian pekerjaan tergeser oleh perubahan besar dari tenaga kerja manusia  digantikan oleh mesin pada tahun 2025 mendatang. 

“Dari laporan tersebut diperkiraan 85 juta lapangan pekerjaan bergeser gara-gara adanya perkembangan artificial intelegence (kecerdasan buatan) sehingga banyak pekerjaan yang digantikan oleh mesin,” ungkap Hannani. 

Selain beberapa yang dilansir pada web tersebut, ada juga skill yang sangat dibutuhkan pada lapangan pekerjaan di tahun 2025 mendatang, di antaranya skill analytical thinking and inovation, active learning and learning strategic, complex problem solving, critical thinking and analysis, creativity, originallity and initiative, leardirship and social influence, technology use, monitoring and control, technology desing and programming, resillence, stress tolerance and flexibillity, and reasoning problem solving and ideation

"Oleh karena itu, saya harapkan kepada seluruh mahasiswa untuk membenahi dirinya, persiapkan diri kalian menguasai ke sepuluh skill tersebut mulai dari sekarang," harap Hannani kepada seluruh mahasiswa yang hadir di pembukaan kuliah ini. 

Hannani juga berharap kepada seluruh dosen untuk banyak meluangkan waktunya dalam membimbing mahasiswa pada mata kuliahnya, agar dapat menguasai skill tersebut. 



Pada kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pengukuhan pembina UKK dan UKM. Ada pula penandatanganan MoU dan MoA dengan Kejaksaan Negeri Parepare dan Polres Parepare. (aen/alf)

di dalam Berita
Pembukaan Kuliah Semester IAIN Parepare Diwarnai Pengukuhan Pembina UKK dan UKM
Ade Musytahun Wahid 9 Maret, 2023