Wakil Direktur Pascasarjana sampaikan Orasi ilmiah pada pembukaan Kuliah Semester Genap 2022-2023

8 Maret, 2023 oleh
Wakil Direktur Pascasarjana sampaikan Orasi ilmiah pada pembukaan Kuliah Semester Genap 2022-2023
Ade Musytahun Wahid

HUMAS IAIN PAREPARE -- Wakil Direktur Pascasarjana sampaikan Orasi Ilmiah pada Pembukaan kuliah semester genap tahun akademik 2022-2023 di gedung Auditorium IAIN Parepare, Rabu (08/03/2023)



Kegiatan kuliah umum diikuti oleh seluruh civitas academica dalam lingkup IAIN Parepare, Kapolres Parepare (yang mewakili), dan Kepala Kejaksaan Parepare.

Agus Muchsin pada Orasi Ilmiahnya menguraikan materi berjudul "Kontruksi Fikhi Akademik Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam di Era Disrupsi.
"Judul ini sebenarnya sangat aneh, bahkan menggelitik bagi kita karena selama ini yang kita dengar fikih bermazhab Hanafi, fikih Maliki, fikih Syafi'i, dan fikih Hambali. Lalu, tiba-tiba muncul terma fikih akademik, sepertinya ada oreantasi tersendiri yang kami sangat harapkan dalam perkuliah ini, "ujarnya.



Dosen hukum ini melanjutkan penjelasannya terkait fikih akademik. 
"Pembatasan fikih selama ini hanya pada emahaman arbaul Mazhab Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i, dan imam Ahmad bin Hambal. Sepertinya, kita beku dengan empat aliran mazhab itu. Fikih itu bukan hanya pada batas-batas empat imam aliran mazhab, tapi sesunguhnya fikih akan melahirkan pemahaman yang baru terutama di era disrupsi yang kita rasakan sekarang ini. Era disrupsi ini merupakan perubahan yang cukup drastis pola lama ke pola baru di mana yang dulunya menggunakan kamera, pegawai pos semuanya perlahan lahan hilang di gantikan oleh HP, "papar Agus. 

Melihat kondisi yang demikian Agus Muchsin mengajak kepada ribuan mahasiswa untuk berbenah karena ke depan mereka akan diperhadapkan dengan aktivitas sosial dan pekerjaan yang akan hilang oleh perkembangan teknologi. Menurut Agus, teller yang ada di bank suatu ketika akan hilang digantikan dengan mobile banking yang ada sistem pertukaran barang dan angka. 
“Fikih akademik itu akan terus bergerak sesuai kondisi waktu dan zaman yang kita hadapi sholihun likulli zamani wamakin, ”tegasnya. (shz/amw)



di dalam Berita
Wakil Direktur Pascasarjana sampaikan Orasi ilmiah pada pembukaan Kuliah Semester Genap 2022-2023
Ade Musytahun Wahid 8 Maret, 2023