Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Prodi PIAUD Adakan Shadow Teacher untuk Anak Autis

9 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Prodi PIAUD Adakan Shadow Teacher untuk Anak Autis

Humas IAIN Parepare—Tadzkirah dan Tri Ayu Lestari Natsir Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Parepare melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Raudhatul Athfal Ashabul Kahfi Kota Parepare, Rabu s.d. Sabtu (2-5/ 11/2022).

Kegiatan Pengabdian yang didesain dalam bentuk Pelatihan Shadow Teacher pada Anak Autis ini juga melibatkan Nadia dan Muftihatul Khaeriyah (mahasiswa Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini semester 3). Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan bantuan pengabdian berbasis prodi oleh LP2M sebagai bentuk pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Novita Azhari menyampaikan bahwa pelatihan tersebut merupakan Program Pengabdian Masyarakat berbasis prodi yang sangat bermanfaat bagi guru, mahasiswa, dan bagi dosen dalam melaksanakan tridarma. Novita Azhari juga membahas tentang sekolah inklusi dan ciri-ciri anak berkebutuhan khusus, terkhusus pada anak autis.

Sementara itu, Tadzkirah menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pada guru Raudhatul Athfal dan mahasiswa terkait tugas pokok shadow teacher dan cara shadow teacher pada anak autis. Pada pelatihan tersebut langsung diadakan praktik shadow teacher terapis pada anak autis.

Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah Ashabul Kahfi menyambut baik niat baik pergabdian masyarakat yang dilakukan Dosen PIAUD IAN Parepare ini.

“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada IAIN Parepare sudah mau melatih dan memberikan ilmu. Kami sebagai guru TK sangat membutuhkan pelatihan ini karena memang ada beberapa anak didik kami yang autis, tetapi kami belum menyiapkan shadow teacher,” ungkap Kepala Sekolah Raudhatul Athfal Ashabul Kahfi Kota Parepare.

Ketua Yayasan Raudhatul Athfal juga mengapresiasi penyelenggara kegiatan “Dosen IAIN Parepare sangat produktif dan memiliki dosen-dosen muda terkhusus PIAUD yang energik serta memiliki daya saing dengan seringnya melakukan kegiatan-kegiatan yang selalu melibatkan guru dan anak TK,” tambahnya.

Hasil pelatihan kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak sampai di situ saja, Tadzkirah dan tim akan tetap melakukan evaluasi dari hasil pelatihan dan melakukan koordinasi secara berkala guna memanfaatkan program dari LP2M IAIN Parepare. (ars/tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 9 November, 2022