Pengabdian Masyarakat, Dosen Prodi HKI Lakukan Pendampingan Akurasi Waktu Salat

4 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Pengabdian Masyarakat, Dosen Prodi HKI Lakukan Pendampingan Akurasi Waktu Salat

Humas IAIN Parepare — Salah satu program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan Dosen Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare Abdul Karim Faiz, M.S.I. sebagai penerima bantuan Pengabdian kepada masyarakat melaksanakan kegiatan Pendampingan Masjid yang memiliki waktu salat yang tidak akurat.

Pendampingan dilakukan dengan berkolaborasi dengan mahasiswa/i Prodi HKI Fakshi IAIN Parepare dan Imam / Pengurus Masjid Nurul Asia Soreang Parepare.

Pengabdian ini dilakukan Faiz dan Mahasiswa/i Prodi HKI Fakshi karena ada ketidakakuratan waktu salat yang sedang berlaku di Masjid Nurul Asia.

Jadwal waktu salat yang ada tidak sesuai dengan hasil Hisab Kontemporer Awal Waktu Salat Kementerian Agama RI.

Pengabdian yang dilakukan Faiz dan tim berjudul “Pendampingan Akurasi Waktu Salat yang Tidak Akurat”.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama pada Sabtu (29/10/2022) dengan agenda identifikasi dan kalibrasi waktu salat. Tahap kedua pada Ahad (30/10/2022) yakni penyusunanan jadwal waktu salat Kota Parepare selama dua tahun (2022-2023), pembuatan dan kalibrasi jam digital sesuai hisab waktu salat kontemporer, dan edukasi kepada Imam serta Ta’mir Masjid Nurul Asia Soreang Parepare.

Pada kegiatan tahap kedua narasumber Kegiatan adalah Abdul Karim Faiz, M.S.I. (Dosen Prodi HKI) dan Suci Cahayaningsih (Mahasiswi Prodi HKI), serta sebagai moderator adalah Mutiara (Mahasiswi Prodi HKI).

Sementara itu Imam Masjid Nurul Asia Ustadz Muhammad Idrus Halim dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada IAIN Parepare yang secara rutin melaksanakan pengabdian seperti ini.

“Pengabdian dari kampus IAIN Parepare kali ini bukanlah yang pertama kali, akan tetapi kedua kalinya. Pengabdian pertama pada tahun 2021 yang mana Masjid Nurul Asia mendapatkan edukasi dan pengukuran arah kiblat, sehingga saat ini masjid Nurul Asia arah kiblatnya sudah tepat menghadap arah ka’bah di Masjidil Haram Makkah. Kedua adalah pengabdian ini yang mengedukasi kami tentang bagaimana waktu salat dengan tepat,” katanya.

“Pengabdian ini besar sekali manfaat dan dampaknya. Selain edukasi kami juga mendapatkan bantuan jam digital yang sudah pas waktunya serta buka jadwal waktu salat sampai tahun 2023. Ini sangat membantu bagi ibadah jamaah Masjid Nurul Asia dan tanggung jawab kami sebagai Imam di masjid ini,” tutup Idrus Halim. (da/alf)

Kegiatan ini dibiayai oleh DIPA IAIN Parepare tahun 2022 setelah melalui proses seleksi dan dinyatakan lolos sebagai penerima bantuan pengabdian masyarakat LP2M IAIN Parepare.

di dalam Berita
khaerunnisaihwan 4 November, 2022