Peringati hari Santri Nasional, IAIN Parepare Gelar Upacara

23 Oktober, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare–IAIN Parepare menggelar peringatan hari Santri Nasional Sabtu (22/10/22).

Peringatan hari Santri tersebut diadakan berbeda dari tahun sebelumnya, karena dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, seperti festival santri dan juga zikir bersama.

Peringatan Hari santri Nasional di IAIN Parepare dilaksanakan melalui upacara yang dihadiri oleh ratusan civitas akademica, mulai dari dosen, tenaga kependidikan, satpam, tenaga kebersihan, dan juga mahasiswa Ma’had Aljami’ah.

“Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’, ” ungkap Hannani.

Di dalam naskah sambutan dinyatakan bahwa santri sejak sebelum kemerdekaan hingga saat ini telah berperan penting dalam menjaga dan merawat NKRI. Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.


Di akhir sambutan rektor mengajak kepada seluruh civitas akamedica yang hadir untuk mengepalkan tangan bersama dan mengucapkan Hari Santri 2022, berdaya menjaga martabat kemanusiaan. Ucapan itu disampaikan hingga tiga kali.

Setelah pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjut dengan festival santri yang digelar di gedung auditorium IAIN Parepare. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa dan beberapa pondok pesantren yang ada di Kota Parepare. Mereka menampilkan berbagai jenis hiburan seperti marawis, puisi berpasangan, hingga berzanji. (Aeny/Tin)

di dalam Berita
Nur Aeni K 23 Oktober, 2022