Persiapkan Alumni Berkompetisi: P2KMA Gelar Training Dunia Kerja

7 September, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare- Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni (P2KMA)  LPM IAIN Parepare menyelenggarakan Training Dunia Kerja, Rabu-Kamis (06-07/09/2023) di Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang APK H. Saepudin didampingi Ketua LPM, Muhammad Qadaruddin, dan Sekertaris LPM, H. Islamul Haq, serta Kepala Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni, Mahyuddin.

Bertajuk “Kelas Persiapan Memasuki Dunia Kerja”, kegiatan ini diinisiasi guna mendorong para alumni freshgraduate berkompetisi dengan memberikan keterampilan-keterampilan sebelum memasuki dunia kerja. Lebih lanjut, acara bertujuan untuk membantu mahasiswa maupun alumni dalam memahami tips-tips diterima di perusahaan pada saat akan melamar pekerjaan.

Di era yang dinamis dengan persaingan yang cukup ketat ini, menemukan suatu pekerjaan menjadi suatu hal yang perlu dicapai dengan kerja keras dan usaha yang mumpuni. Para mahasiswa atau pun alumni fresh graduate diharuskan untuk berlomba-lomba untuk menjadi seorang pelamar yang mengesankan. Untuk itu, P2KMA bersama Tim Career Development Center (CDC) menghadirkan Muh. Ilhamsyah Ekaputra, yang merupakan HRIS Departemen Kalla Gruop sebagai pembicara, dan Abdullah Sanusi, Direktur Kemahasiswa dan Penyiapan Karier UNHAS. 

H. Saepudin dalam sesi pembukaan mengatakan, pimpinan institut senantiasa berkomitmen memberikan pembinaan kepada para mahasiswa dan alumni agar bekerja sesuai kompetensi yang telah didapatkan selama kuliah. Ini karena kampus memiliki kepentingan terhadap para alumni terutama  kontribusi mereka terhadap lembaga.

“Kita berkomitmen memberikan pembinaan pada mahasiswa aktif termasuk juga mengawal para alumni memperkenalkan dunia industri karena kalian semua diharapkan dapat berkiprah sesuai bidang keahliannya dan tentunya memberikan sumbangsih pada kampus minimal saran dan masukan perbaikan kurikulum dan mengisi tracer studi,” ungkapnya.

Wakil rektor I berharap agar para alumni yang mengikuti kegiatan ini dalam waktu yang tidak terlalu lama mereka dapat terserap di dunia kerja.

Sementara itu, Ketua LPM Muhammad Qadaruddin dalam sambutannya memaparkan, LPM di bawah koordinasi P2KMA bersama Tim CDC menyediakan sejumlah program yang mensupport alumni dalam berkompetisi. Hal tersebut karena tantangan dalam dunia kerja akan selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Pada kegiatan ini, para peserta diberikan materi terkait cara menentukan masa depan dan karier yang gemilang dan simulasi interview kerja. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah segera lakukan perencanaan karier, kenali diri sendiri, jalin koneksi dengan banyak pihak, siapkan curriculum vitae (CV), mulai mencari pekerjaan, dan pelajari etika-etika yang perlu ditampilkan saat melakukan wawancara kerja. (mhy/mif)


di dalam Berita
mahyuddin 7 September, 2023