Posko 19 Kelurahan Taulan, Rancang Program Kerja yang Dinamis

27 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Selasa (25/07/2023), mahasiswa KKN IAIN Parepare angkatan 34 posko 19 Kelurahan Taulan menyelenggarakan seminar program kerja di Perpustakaan Desa, Kelurahan Taulan. Acara ini dibuka oleh Kepala Desa Taulan Muhammad Arsun.


Kegiatan dimulai pukul 20.00 WITA dan dihadiri oleh beberapa aparat desa, guru-guru sekolah di Desa Taulan, tokoh agama, Karang Taruna, serta beberapa tokoh masyarakat lainnya. Jumlah tamu yang hadir sekitar 30 orang.


Dalam sambutannya,  Muhammad Arsun menyampaikan harapannya agar adik-adik mahasiswa KKN dapat melaksanakan program kerja dengan nyaman dan dipermudah dalam menjalankannya. Ia juga menyatakan ketersediaan bantuan langsung dari aparat Desa Taulan jika diperlukan.



Selanjutnya, Sekretaris Kecamatan Cendana Syaharuddin memberikan pesan kepada mahasiswa KKN posko 19. Ia menekankan untuk tidak membuat program kerja yang klise seperti KKN tempo dulu, tetapi mengajak untuk mengubah paradigma berpikir masyarakat dari statis menjadi dinamis. Hal tersebut merupakan tujuan yang ingin dicapai. Disarankan untuk membuat program yang realistis dan dapat dilaksanakan tanpa mengeluarkan banyak biaya. "Jangan menciptakan program yang tidak dapat dijalankan karena adik-adik masih bertanggung jawab kepada orang tua. Adik-adik diharapkan dapat menyampaikan program kerja dengan jelas dan kemudian meminta masukan dan petuah dari para hadirin," tegasnya.




Syaharuddin  juga memberikan pesan inspiratif, bahwa lebih baik salah sebanyak 1000 kali dalam berproses di tempat ini daripada salah satu kali di luar sana. Jika terjadi kesalahan di tempat ini, masih ada kepala desa, tokoh masyarakat, BPD, dan lainnya yang dapat membantu meluruskan. Namun, kesalahan di luar sana akan menjadi catatan sejarah negatif yang harus dihindari.


"Semoga kegiatan seminar program kerja ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi para mahasiswa KKN posko 19 dalam menyusun dan melaksanakan program kerjanya di Kelurahan Taulan," harapnya. (Tim KKN, fzs/mif)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 27 Juli, 2023