Posko 3 Hadir di Rambu Solo', Upacara Adat Kematian Khas Tana Toraja

23 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Rabu (20/7/2023) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKNMB) Posko 3 turut hadir dalam acara Rambu Solo' di Kelurahan Lion Tondok Iring, Kecematan Makale Utara.


Selain itu, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh keluarga besar pun terus berdatangan pada acara tersebut. Tana Toraja dikenal dengan adat istiadat yang begitu kuat. Mereka berpegang teguh pada aluk todolo atau kepercayaan leluhurnya.


Rambu Solo' atau upacara kematian adalah prosesi penguburan mayat suku Toraja yang mengantarkan roh almarhum menuju puyo atau dikenal dengan alam baka. Hal ini telah dilakukan secara turun temurun.




Adapun bagi pelayat, mereka mengenakan pakaian yang identik berwarna hitam sebagai simbol bela sungkawa. Hal itu menjadi ciri khas yang unik dalam pelaksanaan Rambu Solo' ini. 


Tidak hanya itu, masyarakat toraja juga memiliki satu adat lagi yang begitu terkenal yakni Rambu Tuka' atau upacara pernikahan.




"Terdapat dua adat di Toraja yang begitu terkenal, yakni Rambu Solo' untuk upacara kematian dan Rambu Tuka' upacara pernikahan," ujar Kepala Lingkungan Erson. (Tim KKN, fzs/mif)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 23 Juli, 2023