Posko 52 Membantu Posyandu di Desa Banti

26 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Posko 52 Desa Banti, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang ikut serta dalam kegiatan posyandu bersama dengan staf puskesmas. Kegiatan ini diadakan di Kantor Desa, Selasa (25/07/2023) yang dihadiri oleh staf puskesmas, tim posyandu, serta ibu-ibu yang mempunyai bayi hingga balita.


Kegiatan ini berlangsung selama tiga jam, tepatnya pada pagi hari mulai pukul 09.00 WITA. Kegiatan dimulai dengan pendataan anak oleh ibu-bu bagian staf posyandu. Masyarakat yang hadir dalam hal ini ibu-ibu dari Desa Banti maupun dari dusun lainnya, berjumlah 15 orang dengan membawa masing-masing anak bayi maupun balita.



Kegiatan pertama yang dilakukan ialah pendataan anak dengan membawa buku posyandu yang diserahkan ke pihak staf posyandu, kemudian dilakukan penimbangan berat badan,  mengukur tinggi badan hingga penyuntikan bagi anak yang sudah cukup umur untuk disuntik. Semua data tersebut ditulis dalam buku posyandu untuk dijadikan keperluan data dalam kegiatan posyandu berikutnya. Setelah itu diberikan bubur, ikan, serta pisang ke anak-anak yang disediakan oleh pihak  posyandu.


Dalam kegiatan ini, salah satu staf dari puskesmas bernama Hj. Nasmah menyampaikan beberapa hal penting mengenai stunting. Ia menyampaikan bahwa stunting salah satu penyebab anak-anak kurang tinggi, kurus, dan memiliki kelainan lainnya. "Faktor lain yang menyebabkan hal tersebut ialah kurangnya air bersih yang dikonsumsi, penyediaan tempat jamban yang kurang, sampah yang tidak terurai dan lingkungan hidup yang tidak sehat," jelasnya. (Tim KKN, fzs/mif)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 26 Juli, 2023