Posko 9 Lembang Talion Sepakati Kebersamaan Kunci Kemeriahan Acara 1 Muharram di Masjid Muallaf Maulu

24 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Kemeriahan 1 Muharram di Masjid Muallaf Maulu menjadi sejarah baru dalam merayakan tahun baru Islam 1445 H. Acara 1 Muharram ini diikuti oleh tiga kecamatan, yakni kecamatan Rembon, Malimbong Malepe dan Saluputti, Rabu (19/07/2023).

Lembang Talion sebagai tuan rumah perayaan 1 Muharram yang diadakan di Masjid Muallaf Maulu, masjid baru di Lembang Talion. Perayaan tahun baru Islam juga dihadiri oleh beberapa Mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama yang ada di Kecamatan Rembon yang mana terdapat 4 posko yang tersebar.

Adapun yang menjadi tema utama pada perayaan tahun ini yaitu “Modernisasi Beragama Menguatkan Keberagaman”, Makna dari tema ini menjadi pedoman utama masyarakat untuk lebih menguatkan lagi toleransi di Tana Toraja, khususnya Kecamatan Rembon karena perayaan tahun baru Islam ini pun tak hanya dihadiri oleh umat muslim tetapi juga dihadiri oleh masyarakat yang  beragama non muslim.


Kegiatan 1 Muharram ini melibatkan Remaja Masjid Muallaf Maulu dan juga mahasiswa KKN Nusantara Lembang Talion Kecamatan Rembon posko 9. Kegiatan ini pun dihadiri oleh beberapa tokoh daerah seperti Ketua PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Kecamatan Rembon, Daniel Rompon sebagai penceramah 1 Muharram, Kepala KUA Tana Toraja, dan Nasruddin Jaba’  sebagai pembaca do’a.

“Hari ini kami sangat berbahagia karena tahun ini perayaan 1 Muharram sangat meriah dan banyak masyarakat yang berantusias. Apalagi hari ini kami sangat kewalahan karena tidak menduga bahwa tamu itu akan sebanyak ini,” ujar  Pembina Remaja Mesjid Muallaf Maulu Annisa D.R Rantelino.

Adapun beberapa rangkaian utama kegiatan ini ialah Lelang. Lelang ini menjadi tradisi setiap ada acara-acara masyarakat, baik acara umum maupun acara keluarga. Sistematika Lelang pun berjalan seperti biasanya namun masyarakat setempat menjadikan Lelang sebagai ajang beramal dan ibadah sehingga dalam penjualan Lelang dihargai dengan harga yang tidak dapat dikur dengan materi,


“Kegiatan ini memberikan saya pemahaman bahwa benar, kebersamaan menjadi kunci utama kesuksesan suatu acara. Kegiatan hari ini menjadi pembelajaran penting bagi kami juga sebagai mahasiswa karena banyak hal dan sesuatu yang baru diketahui dari rangkaian kegiatan ini. Mulai satu hari sebelum kegiatan hingga kegiatan hari ini,” ujar Masra Asri, mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama posko 9 Lembang Talion. (Tim KKN, fzs/mif)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 24 Juli, 2023