Post-Audit Internal SPI, Ketua SPI Sebut UPT Bahasa sebagai Unit dengan Capaian Tertinggi

20 September, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Post-Audit Internal SPI, Ketua SPI Sebut UPT Bahasa sebagai Unit dengan Capaian Tertinggi

Humas IAIN Parepare–Unit Pelaksana Teknis Bahasa menyambut dengan baik kedatangan Satuan Pengawasan Internal (SPI)IAIN Parepare dalam rangka pelaksanaan Post-Audit Internal SPI, Senin (19/9/ 2022).

Kegiatan post-audit dilakukan SPI sebagai tindakan preventif atas kesalahan yang mungkin terjadi pada laporan kegiatan yang dibuat oleh unit-unit pelaksana di IAIN Parepare.

Sebagai auditor internal, SPI berusaha memberikan pendampingan sebelum kedatangan auditor eksternal.
Perwakilan SPI yang melakukan audit ke UPT Bahasa adalah Kepala SPI Abdul Hamid, didampingi oleh tim SPI yaitu Saddan Husain dan Iin Mutmainnah.

Diketahui bahwa UPT Bahasa telah melaksanakan 4 kegiatan dari total 5 mata anggaran di tahun 2022. Kegiatan yang telah diselesaikan adalah: 1) Academic Writing untuk Penulisan Artikel Jurnal bagi Dosen, dan 2) TOEFL-IELTS Preparation bagi Mahasiswa dan Alumni. Kegiatan yang telah terlaksana tersebut sudah dibuatkan laporan kegiatan dan diperiksa oleh SPI pada kunjungan tersebut.

Sementara itu, kegiatan yang sedang berlangsung hingga akhir tahun adalah: 1) Layanan Administrasi, dan 2) Tes TOEFL-TOAFL Mahasiswa. Dua kegiatan ini telah dibuatkan laporan sementara. Laporan belum lengkap karena kegiatan masih berlangsung, tetapi dana yang telah terpakai sudah disiapkan bukti-buktinya berupa nota, dll. sedangkan kegiatan yang belum dilaksanakan adalah Pengenalan Budaya dan Literasi Negara Asing karena menunggu kedatangan 2 volunteer – native speaker dari Mesir yang diperkirakan tiba pada awal bulan Oktober.

Catatan yang diberikan SPI kepada UPT Bahasa adalah: 1. Melampirkan struk pembayaran PPh (Pajak Penghasilan) oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) IAIN Parepare atas potongan honor narasumber pada setiap kegiatan; 2. Teliti dalam angka-angka terlampir dalam nota-nota pembayaran; 3. Segera membuat SK Panitia untuk kegiatan yang belum terlaksana agar permohonan pencairan dana bisa segera diproses; 4. Agar memperhatikan buku pedoman SBI (Standar Biaya Internal) dalam pembuatan laporan;5) November adalah batas berakhirnya semua kegiatan tahun ini.

Di akhir kunjungan, Kepala SPI memberikan tanggapan positif terhadap kesigapan UPT Bahasa, “Alhamdulillah, ini unit dengan capaian paling tinggi, karena tinggal 1 kegiatan yang belum dilaksanakan dan kegiatan yang telah terlaksana, outcome-nya ada”, tutup Abdul Hamid. (nrh-tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 20 September, 2022