Prodi BSA Jalin Kerja Sama dengan Departemen Sastra Asia Barat, Unhas

22 Februari, 2024 oleh
saidinhamzah

Humas IAIN Parepare- Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) lakukan penandatanganan kerja sama dengan Departemen Sastra Asia Barat di Aula Departemen Sastra Asia Barat Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Kamis (22/02/2024) 


Hadir dalam kegiatan tersebut Kaprodi Bahasa dan Sastra Arab IAIN Parepare St. Fauziah, dan dosen prodi BSA seperti Hamsa, Muhammad Aksa Nawawi, Muhammad Mundzir. Dari Departemen Sastra Asia Barat Universitas Hasanuddin hadir Haeruddin dan Haeriyyah (Ketua dan Sekretaris Program Studi Sastra Arab) serta dosen dan mahasiswa.


Pada kegiatan tersebut disepakati Memorandum of Agreement (MoA) atau perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Prodi BSA dan Departemen Sastra Asia Barat Unhas. Poin yang disepakati oleh kedua belah pihak antara lain: Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pengabdian berbasis riset, pengembangan keilmuan dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, rekognisi dosen dan mahasiswa, peningkatan akreditasi program studi dan kegiatan akademik. 


Haeruddin mengawali uraiannya dengan memperkenalkan filosofi Sastra Asia Barat Unhas seperti Innovative ,  Systematic , Adaptive ,  Livelong Learning , dan Holistic .


Haeruddin menjelaskan bahwa dalam menyusun akreditasi, sebaiknya ketua bersama tim membaca dan memahami seluruh poin yang diminta oleh lembaga akreditasi,  serta perhatikan perolehan poin yang paling tinggi dari seluruh item. "Kami juga siap memberi petunjuk atas hal-hal yang dibutuhkan. Ke depannya bisa berkolaborasi dalam hal pendidikan dan pengabdian," ujarnya.


Sedangkan, St Fauziah menyampaikan bahwa kegiatan ini semakin mempererat hubungan antara dua instansi  pendidikan bukan hanya sekadar hitam di atas putih,  namun implementasi dalam hal pendidikan, pengabdian dan penelitian kolaboratif. Selain itu, kegiatan ini diharapkan seluruh Dosen DTPS serta Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dan mahasiswa IAIN Parepare semakin solid dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Prodi Bahasa dan Sastra Arab IAIN Parepare. (shz/mif)

di dalam Berita
saidinhamzah 22 Februari, 2024