Prodi Sosiologi Agama Luncurkan Sekolah Riset, FUAD IAIN Parepare Teken MoU dengan BPS

6 Oktober, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare -- Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Parepare dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Parepare, langsung ditindaklanjuti oleh Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare. 

Tindaklanjut tersebut yakni dengan melakukan penandatangan MoA Program studi Sosiologi FUAD dengan BPS. Kegiatan penandatangan ini dirangkaikan dengan Pembekalan PPL Fakultas Ushuluddin di Gedung Perpustakaan Lantai 5, Rabu (04/10/2023).

Penandantanganan MoU dilakukan oleh Rektor IAIN Parepare, Hannani dengan Kepala BPS Kota Parepare, Suparno Pani. 

Sedangkan MoA bersama dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), A. Nurkidam. Selain di tingkat fakultas, kerjasama dengan BPS juga akan berlangsung di tingkat program studi Sosiologi Agama (SA), dimana implementasi kerjasama akan berfokus pada sekolah riset mahasiswa.

Menurut Dekan FUAD, Andi Nurkidam, penandatanganan MoA ini sebagai bentuk nyata dari kolaborasi antara FUAD dengan BPS Kota Parepare. Dalam kerja sama antara kedua lembaga ini, katanya, akan saling berkolaborasi dalam pemanfaatan dan pengembangan data serta informasi statistik dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pendidikan tinggi. 

“Program studi SA dan BPS dapat sama-sama saling memberi manfaat satu dengan yang lain dan ini semua dilakukan agar manfaat tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya.


Dirinya berharap, ke depan jika ada pendataan kependudukan dan survei, BPS Parepare mungkin bisa melibatkan mahasiswa khususnya mahasiswa Prodi SA agar dapat terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. "Ini akan sangat penting karena berkaitan dengan kegiatan sekolah riset Prodi SA dimana mahasiswa diharapkan mampu memetakan masalah yang ada di masyarakat," terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPS Kota Parepare Suparno Pani menuturkan, dengan adanya kerja sama ini akan membangun sinergitas yang saling mendukung antara kedua lembaga. Ia menjelaskan bahwa kegiatan statistic itu ada tiga bagian mulai dari statistic dasar, sektoral dan khusus. "Yang dilakukan di BPS adalah statistik dasar yaitu melakukan sensus dan survei di masyarakat. Tentu peran mahasiswa yang ingin melakukan riset dengan bersentuhan langsung masyarakat sangat mendukung kegiatan BPS, kami bisa merekrut mahasiswa menjadi petugas sensus/survei namun dengan tetap memperhatikan syarat-syarat dari perekrutan tersebut,” ungkapnya.

Suparno mengatakan, melalui sinergi bersama IAIN Parepare, BPS mendukung penuh kegiatan MoU ini. "Karena berkaitan dengan visi misi BPS khususnya, dalam pengembangan data ke depan melalui pengabdian pada masyarakat," tutupnya. Prodi Sosiologi Agama Luncurkan Sekolah Riset, FUAD IAIN Parepare Teken MoU dengan BPS eny/alf)


di dalam Berita
Nur Aeni K 6 Oktober, 2023