Prodi Tadris IPS Kolaborasi EducationUSA Ajak Mahasiswa Lanjut Studi ke Amerika Serikat

26 Oktober, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare – Program Studi (Prodi) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berkolaborasi dengan lembaga EducationUSA menggelar kegiatan "Sosialisasi Study in the United States of America" di Ruang Seminar Fakultas Tarbiyah, Selasa (24/10/2023). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi dan wawasan bagi mahasiswa Prodi Tadris IPS terkait beasiswa dan pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.

Kegiatan ini dihadiri oleh EducationUSA Adviser Fadhil Adiyat, Dekan Fakultas Tarbiyah  Zulfah, Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah Bahtiar, Ketua Prodi Tadris IPS Ahdar, Ketua Prodi PBI Kalsum, Dosen Prodi Tadris IPS, dan mahasiswa Tadris IPS.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pembukaan oleh Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah, sosialisasi studi di Amerika Serikat yang dipandu oleh Fadhil Adiyat sebagai EducationUSA Adviser, dan sesi tanya jawab bersama mahasiswa.


Education USA ini merupakan lembaga resmi atau pusat layanan resmi yang memberikan promosi, layanan dan peluang untuk ke Amerika Serikat dengan menemukan mahasiswa Indonesia untuk membuat program program yang cocok yang tidak memungut biaya atas siapapun yang ingin berkonsultasi serta menawarkan informasi yang akurat dan terbaru. Ada 6 lembaga perwakilan EducationUSA di Indonesia, yaitu EducationUSA Aceh, EducationUSA U.S Embassy Jakarta, EducationUSA Medan, EducationUSA Surabaya, EducationUSA Malang dan EducationUSA Makassar.

Pada sosialisasi ini, Fadhil Adiyat membahas tentang cara menemukan program atau kampus di Amerika Serikat, cara mendapatkan beasiswa, cara mengisi atau mempersiapkan beasiswa pendaftaran dengan strategi dan trik tertentu, persiapan jika dinyatakan lolos dan terakhir persiapan keberangkatan.

“Dari mana semua ini berawal? Saya pernah merasa gagal dan tertinggal tapi bagaimana saya tetap berusaha akhirnya saya bisa mendapat beasiswa ke Amerika. Buku menjadi pengantar saya apa yang saya suka. Di balik kelemahan pasti ada kelebihan dan di mana ada kesulitan disitu ada kemudahan,” tutur Fadhil.

Zulfah, Dekan Fakultas Tarbiyah pun sangat menyambut kegiatan ini. Ia berbagii cerita dan memberi motivasi kepada mahasiswa yang hadir. "Semoga mahasiswa bisa belajar di luar negeri. Tidak ada yang tidak mungkin bahwa sesuatu akan dimulai dari sini dengan usaha usaha, belajar, berdoa, dan perluas jaringan. Kita di sini sudah punya peluang,” ungkap Zulfah. (mm/mif)


di dalam Berita
muajizmuallim 26 Oktober, 2023