Proker Mahasiswa KKN Reguler, Tuntaskan Buta Huruf Al Qur'an di SMAN 2 Enrekang

22 Agustus, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Kurang lebih satu bulan masa KKN mahasiswa IAIN Parepare posko 22 di Kelurahan Galonta Kecamatan Enrekang, salah satu program kerjanya yakni Bimbingan Mengaji di SMAN 2 Enrekang bagi siswa-siswi yang masih terbata-bata dalam mengeja huruf hijaiyah. Awalnya, mahasiswa KKN IAIN Parepare posko 22 hendak mengajukan program kelas bimbingan konseling. Namun, atas permintaan Sukayono Kepala Sekolah yang melihat beberapa siswa-sisiwi SMAN 2 Enrekang masih perlu bimbingan mengaji, maka ia pun berinisiatif menawarkan program yang tidak hanya bermanfaat di dunia, tetapi bisa menjadi amal jariyah.

Jumlah siswa-siswi yang ikut bimbingan mengaji terdapat 20 orang, dikelompokkan dalam kelas besar yang berlangsung di masjid sekolah selama 4 hari per pekannya, setiap harinya terhitung 2 jam pelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran, yakni metode yang disusun oleh mahasiswa KKN posko 22 sendiri yang sekiranya dapat mencakup keseluruhan bagian-bagian penting dalam membaca Al-Qur’an dalam waktu yang singkat.


Dengan adanya program mengaji tersebut menjadi langkah awal bagi SMAN 2 Enrekang dalam menuntaskan buta aksara mengaji bagi siswa-siswinya. Sukma selaku guru agama yang mendampingi program KKN Posko 22 tersebut mengaku bersyukur. 

“Alhamdulillah dengan adanya program mengaji yang  diistilahkan  dengan ‘pejuang  qur'an’ dari anak KKN  IAIN Parepare sangat membantu kami khususnya  di UPT SMAN 2 Enrekang  dalam  menuntaskan buta aksara mengaji bagi  siswa  yang  masih  sangat kurang  lancar  dalam  mengaji. Setelah  mendapat  binaan kurang  lebih  2 minggu,  sudah  ada  beberapa siswa  yang  mengalami perubahan  yang  signifikan. Semoga  kedepannya bisa  selalu  masuk  dalam  program  kerja  untuk  anak  KKN  selanjutnya,” harapnya.

Program bimbingan mengaji tersebut akan dijadikan program berkelanjutan di SMAN 2 Enrekang sebagaimana yang dikatakan oleh Sukayono selaku kepala sekolah UPT SMAN 2 Enrekang. “Intinya kegiatan ngaji hafalan Al Qur'an berlanjut. Tidak boleh ada Siswa-siswi SMADA Enrekang yg lulus lalu tidak tahu mengaji dan hafal juz 30," ucapnya.

di dalam Berita
Hayana 22 Agustus, 2023