PSGA IAIN Parepare Gelar Workshop Kurikulum Perspektif Gender

7 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare -- Untuk mewujudkan kampus yang responsif gender, Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Parepare menggelar Workshop Kurikulum Perspektif Gender di Gedung Perpustakaan Lantai 5, Selasa (7/3/2023).

Kegiatan tersebut bertajuk, “Tingkatkan Pemahaman Kesetaraan Gender melalui Integrasi Kurikulum."

Workshop itu diikuti sekitar 50 peserta. Yakni para dekan, para wakil dekan, ketua lembaga, kepala pusat dan ketua prodi serta dosen dalam lingkup IAIN Parepare. Tujuannya untuk mengintegrasikan nilai adil gender dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran.

Acara workshop ini juga diisi oleh narasumber Dr Rosmini, S.Ag.,M.Th.I. Kepala PSGA dan ULT (Unit Layanan Terpadu) UIN Alauddin Makassar. Rosmini membawakan materi tentang Integrasi Perspektif Gender dalam Kurikulum.

Wakil Rektor IAIN Parepare bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan (APK), H Saepudin, dalam sambutannya menyampaikan, secara kelembagaan, para pimpinan sangat mendukung program yang dicanangkan oleh PSGA ini. "Karena inilah perubahan yang perlu didorong sehingga terwujud perguruan tinggi responsif gender," kata Saefuddin.

Mantan Dekan Fakultas Tarbiyah ini menambahkan, walau indikatornya tidak hanya masalah kurikulum, tapi bisa terus dimaksimalkan kelembagaan dari PSGA ini. 

"Diantaranya, kebijakan pengarusutamaan kesetaraan gender, kemudian mendorong terus tridarma responsive gender, tatakelola sarpras yang berkaitan dengan resposif gender bahkan diantaranya ada yang kita kenal dengan perencanaan penanggulanan responsive gender dan yang terakhir adalah kita menumbuhkan atau mendorong budaya nirkekerasan di perguruan tinggi,” ungkap Saepudin.

Saepudin menjelaskan, sesungguhnya impelementasi responsif gender sangat penting pada sebuah lembaga pendidikan, sehingga dapat diwujudkan dalam bentuk matakuliah atau dengan melakukan insersi pada mata kuliah relevan pada kurikulum yang digunakan perguruan tinggi.

Di sela-sela pelaksanaan workshop juga digelar penandatanganan perjanjian kerjasama antara PSGA IAIN Parepare dengan PSGA UIN Alauddin Makassar. (eny/alf)

di dalam Berita
Hayana 7 Maret, 2023