Rapat Akademik FEBI, Rektor: Tingkatkan Kualitas Pelayanan

27 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare mengadakan Rapat Akademik, Jumat (24/2/2023) di Perpustakaan lantai 5 IAIN Parepare. 

Rapat Akademik FEBI dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan lingkup FEBI. Rapat tersebut dibuka oleh Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani, M.Ag. 

Rektor IAIN Parepare menyampaikan hal penting terkait dengan pelaksanaan akademik ke depan, seperti pembagian kelas dan SKS yang berimbang di antara para dosen, pelaksanaan ujian akhir, penghentian pembelajaran daring, dan peningkatan pelayanan akademik kepada mahasiswa. 

"Kualitas pelayanan kepada mahasiswa perlu untuk ditingkatkan jika IAIN ingin mewujudkan terciptanya wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) yang menjadi target IAIN, " ungkapnya. 

Sementara itu, Dekan FEBI Dr. Muzdalifah Muhammadun, M. Ag. memberikan arahan terkait dengan penyempurnaan RPS agar capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang ada sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

“Pada CPL prodi, terdapat empat kemampuan yang harus ada pada lulusan, yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus, ” jelas Dekan FEBI. 

Pada Rapat Akademik tersebut juga dibahas terkait optimalisasi peran dosen pembimbing akademik. Anggota Senat FEBI, Drs. Moh Yasin Soumena, M.Pd. ikut menyoroti beberapa aspek pada pelaksanaan pembelajaran di FEBI seperti pelaksanaan ujian proposal dan munaqosah yang perlu dipercepat agar tidak terjadi penumpukan antrian. 

Selain itu, Drs. Moh Yasin Soumena, M.Pd juga berharap agar tema-tema karya tulis ilmiah (KTI) mahasiswa perlu diarahkan agar lebih banyak membahas tentang aspek-aspek syariah. 

"Hal ini penting mengingat bahwa ciri khas dari FEBI terletak pada aspek keilmuan Islamnya, bukan pada kajian keilmuan konvensional, " ungkap Yasin. 

Wakil Dekan 1, Dr. Andi Bahri M.E., M.Fil.I, dalam laporannya menyampaikan jumlah rombongan belajar (rombel, red) semester genap 2022/2023 yang terdiri dari Prodi Perbankan Syariah 73 rombel, Prodi Ekonomi Syariah 54 rombel, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf 17 rombel, Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah 49 rombel, Prodi Manajemen Keuangan Syariah 57 rombel, Prodi Akuntansi Syariah 44 rombel, dan Prodi Pariwisata Syariah 33 rombel. (mma)

di dalam Berita
Hayana 27 Februari, 2023