Rapat Koordinasi Fakultas Tarbiyah, Rektor Tampung Aspirasi Tiap Prodi

7 Juni, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare memimpin rapat koordinasi bersama jajaran pimpinan Fakultas Tarbiyah di Ruang Rapat Tarbiyah, Selasa (6/6/2023). 

Rapat tersebut dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor Bidang 2, Dekan Fakultas Tarbiyah, para Wakil Dekan Tarbiyah, Ketua Prodi lingkup Tarbiyah, Kabag Tarbiyah, dan para staf.

Beberapa hal yang menjadi bahasan rapat meliputi finalisasi kurikulum, finalisasi rencana pembelajaran semester (RPS), integrasi mata kuliah, realisasi SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah), sosialisasi semester antara, kalender akademik, yudisium, distribusi mata kuliah, percepatan penyerapan anggaran, hingga kegiatan-kegiatan yang terkait pengembangan tridarma.

Saepudin, Wakil Rektor 1 menjabarkan beberapa agenda yang harus dirampungkan oleh Fakultas Tarbiyah, termasuk hal-hal yang terkait kurikulum dan RPS setiap Program Studi (Prodi). Menurutnya kurikulum prodi yang ada selama ini merupakan output MBKM yang masih perlu banyak penyesuaian. 

“Kami harap tahun ini semua prodi merampungkan kurikulum dan RPS. Ini urgen mengingat beberapa prodi sedang dalam proses penyusunan dokumen akreditasi dan tahun depannya asesmen lapangan. Ini juga untuk kepentingan akreditasi institusi kedepannya,” ungkap Saepudin.

Selain itu, Saepudin juga menyosialisasikan tentang program Semester Antara yang akan dilaksanakan pada akhir semester. 
"Semester Antara ini merupakan program semester pendek di akhir semester yang bertujuan memfasilitasi mahasiswa tingkat akhir menyelesaikan sisa SKS yang masih tertinggal. Hal ini merupakan bentuk respons dari hasil evaluasi yang ada, "ungkap Saepudin.

Lebih lanjut, Saepudin mengistruksikan  untuk membuat Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). 
“SKPI nantinya berisi penilaian-penilaian yang tidak tercantum di Ijazah dan Transkrip Nilai, misalnya penilaian prestasi akademik dan nonakademik. Mudah-mudahan wisuda di bulan Agustus nanti sudah bisa diberikan,” papar Saepudin.  

Sementara itu, Rektor pada kesempatan tersebut membahas terkait kegiatan-kegiatan fakultas dan prodi yang berhubungan dengan tridarma perguruan tinggi (PT). Hannani mengistruksikan agar pelaksanaan kegiatan-kegiatan fakultas dan prodi sesuai dengan sasaran tridarma PT.


Terkait penyerapan anggaran, Hannani juga kembali menegaskan bahwa penyerapan anggaran saat ini masih jauh dari target. 
"Saat ini penyerapan anggaran masih berada di angka 33% dari 70% yang mesti dicapai," ungkapnya. Pada rapat kali ini, Rektor  lebih banyak mendengar aspirasi dari fakultas dan  prodi terkait kebutuhan dan kendala yang dihadapi selama ini, seperti halnya kebutuhan laboratorium prodi yang saat ini masih belum cukup terpenuhi. Saat ini, Fakultas Tarbiyah hanya memiliki Laboratorium Prodi Tadris IPA dan Microteaching.

“Salah satu kebutuhan yang urgen di prodi adalah Laboratorium. Idealnya tiap prodi memiliki laboratorium pendidikan,” ungkap Abdul Halik.

Ia juga menyuarakan tentang aspirasi mahasiswa HMPS terkait sekretariat agar menjadi perhatian pimpinan.
"Saat ini, sekretariat HMPS kebanyakan berada di luar kampus. Sekretariat ini merupakan inisiatif mahasiswa yang sampai sekarang belum ter-cover anggaran Institut,"ungkap Kaprodi MPI tersebut.

Di akhir rapat, Dekan Fakultas Tarbiyah, Zulfah, melaporkan beberapa capaian. Di antaranya, realisasi anggaran Fakultas per 5 Juni 2023 yang sudah berada di angka 44%, penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa sudah berjalan, dan seluruh mata kuliah sudah berbasis luaran. Namun, Zulfah mengungkapkan bahwa keterlibatan dosen dan mahasiswa pada PKM masih minim. (MM/Tin)


di dalam Berita
muajizmuallim 7 Juni, 2023