Rapat Perdana KPM II, Maksimalkan Pengabdian Institusi

12 Maret, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Pelaksanaan Kuliah Pengabdian kepada Masyarakat (KPM) II tahun 2022 di IAIN Parepare akan dilaksanakan sesuai kalender akademik. Persiapan yang dilakukan oleh Tim Panitia, yaitu menggelar rapat perdana, Jumat (11/03/2022) di Aula Mini Rektorat IAIN Parepare.

Rapat ini dihadiri oleh Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan, Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Sitti Jamilah Amin, Ketua LP2M Zainal Said, seluruh dekan dalam lingkup IAIN Parepare, Perwakilan dari Ma’had Al Jamiah, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) serta seluruh panita KPM.

Merujuk kepada kalender akademik, pelaksanaan KPM II tahun 2022 akan dimulai, Selasa 29 Maret hingga Rabu 27 April 2022 dengan konsep pengabdian direncanakan secara luring.


Dalam arahannya, Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan menegaskan bahwa perlunya koordinasi tiap unit dan fakultas dengan pihak panitia agar pelaksanaan KPM dapat berjalan dengan baik. Selain itu, Ia juga menyampaikan kesiapan mahasiswa agar memliki bekal yang cukup untuk melakukan pengabdian di masyarakat karena jadwal yang telah ditentukan bertepatan dengan bulan Ramadan di mana mereka diharapkan mampu beradaptasi dalam setiap kondisi di mana mereka ditempatkan.

Sitti Jamilah Amin menyampaikan agar setiap fakultas mampu menyesuaikan jadwal PPL dengan KPM sehingga keduanya dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Penambahan personil pada setiap lokasi juga menjadi poin penting dalam rapat perdana ini. Banyaknya permintaan pemerintah setempat di beberapa daerah lokasi KPM sebelumnya untuk penambahan mahasiswa di setiap desa namun tetap harus dilakukan secara proporsional sesuai dengan luas wilayah. Hal ini membuktikan bahwa pengabdian oleh mahasiswa sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pernyataan ini berdasarkan hasil evaluasi KPM I 2021 yang disampaikan oleh ketua LP2M, Zainal Said. (Aen/mif)


di dalam Berita
Nur Aeni K 12 Maret, 2022