Rektor IAIN Parepare Tutup Expo Kemandirian Pesantren dan Festival Santri

24 Oktober, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare--Rektor IAIN Parepare Hannani secara resmi menutup kegiatan Expo Kemandirian Pesantren dan Festival Santri, Selasa (24/10/23) di Gedung Auditorium IAIN Parepare. Kegiatan tersebut sukses dilaksanakan selama tiga hai sejak dibuka pada, Minggu (22/10/2023) dan diikuti 36 pondok pesantren.

Puncak Acara Penutupan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia dan dilanjutkan dengan Mars Santri. Seluruh santri yang hadir turut serta melantunkan mars santri dengan penuh semangat. Kemudian menampilkan qasidah, nasyid dan musik perkusi persembahan dari pondok pesantren DDI Mangkoso Barru.

Hannani di awal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pondok pesantren yang telah ikut berpartisipasi pada kegiatan Expo tersebut. “Setelah beberapa hari kegiatan ada suasana yang cukup berbeda dari sebelumnya, hadirnya para santri dari 36 Pondok pesantren memberikan kesan yang luar biasa bagi IAIN Parepare,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat bagi santri yang berhasil meraih juara pada tiap ajang lomba. Para pemenang yang berbakat tersebut tidak hanya mendapatkan pengakuan atas prestasi mereka, tetapi juga berhak menerima hadiah berupa beasiswa yang dikhususkan pada lomba Qiraatul Qutub dan Hifdzil Qur’an. “Insyaallah santri yang berhasil meraih juara lomba Qiraatul Qutub dan Hifdzil Qur’an 5 Juz  baik 1, 2 dan 3 maka kita akan berikan beasiswa full selama kuliah IAIN Parepare, syaratnya tentu adalah menjadi mahasiswa IAIN Parepare,” jelas Hannani.

Rektor berharap kegiatan festival ini bukan hanya menjadi ajang kompetisi yang meriah, tetapi juga menjadi wadah untuk mengekspresikan bakat-bakat unik yang dimiliki oleh para santri. “Sungguh luar biasa semangat dan kreatifitas para santri, kami dari IAIN Parepare memohon maaf jika ada kekurangan selama menjadi tuan rumah, insyaallah akan menjadi catatan dan bahan evaluasi kami untuk tahun berikutnya jika dipercayakan kembali,” harapnya.


Prosesi penutupan turut diikuti oleh para wakil rektor, kepala biro AUAK, para dekan, dakil Dekan, unsur dosen, ratusan mahasiswa, siswa dan santri.

Dalam Kompetisi Lomba Expo Kemandirian, Juara 1 diraih oleh Pondok Pesantren (Ponpes) DDI Mangkoso Barru, Juara 2 diraih Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra Islam Soppeng, Juara 3 diraih oleh Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang, Harapan 1 Ponpes Yasrib Soppeng, Harapan 2 Ponpos Al-Mustakim Parepare dan Harapan 3 Ponpes As Salman Allakkuang  Sidrap.

Kemudian, Lomba Qira’atul Qulub Putra Juara 1 diraih Fathul Muin dari Pendidikan Diniyah Formal DDI Mangkoso, Juara 2 Muh. Khalil Jibran dari MA putra DDI Mangkoso dan Juara 3 Anwat Tri Saputra dari Ponpes Al Wahid Pare Sidrap. Qira’atul Qulub Putri, juara 1 diraih oleh Nur Himah dari Ponpes Ar Risalah Batetangnga Polman, Juara 2 Nur Aisyah Fakhira dari MA Putri DDI Mangkoso dan Juara 3 Jihan Nabila dari Ponpes Ittihadul Usrati Wal Jama’ah DDI Leranglerang Pinrang.

Lomba Hifdzil 5 Juz Putra juara 1 diraih oleh Muh. Fauzi Alkhair dari Ponpes Modern Darul Falah Enrekang, Juara 2 Muh. Fajri Imsak dari Ponpes Al-Ikhlas Addari Takkalasi Barru dan Juara 3 Muh. Zulfan dari Ponpes Perguruan Islam Ganra Soppeng. Hifdzil Putri Juara 1 diraih oleh Muthaharah Haerani dari Ponpes Tahfizul Qur’an Haqqul Yakin Enrekang, Juara 2 Riska Aris dari Ponpes Modern  Darul Falah enrekang, dan Juara 3 Nurul Magfirah Zalsabila dari Ponpes Al-Urwatul Wusqa Sidrap.

Lomba Pidato Bahasa Arab Putra juara 1 diraih oleh M. Naufal dari Ponpes Al-Ihsan Appanang Soppeng, Juara 2 Mohammad Najib dari Ponpes  Modern Rahmatul Asri Enrekang, dan Juara 3 Khairil Gunawan dari Ponpes Imam Asy-Syafi’I Enrekang. Pidato Bahasa Arab Putri juara 1 di raih oleh Nur Amalia Mukhtar dari Ponpes Pendidikan Diniyyah Formal (PDF), juara 2 Inayah Sakinah dari Ponpes Modern Darul Falah Enrekang, dan juara 3 Atikah Ainun Nisa dari Ponpes Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja.

Lomba Pidato Bahasa Daerah Putra juara 1 diraih oleh Muh. Fadhil Alwi dari Ponpes Al-Risalah Batetangnga Polman, juara 2 Muh. Haikal dari Ponpes Al-Urwatul Wustqaa Sidrap, dan juara 3 Cakra Wira Agung dari Ponpes Pendidikan Diniyyah Formal (PDF) DDI Mangkoso Barru. Lomba Pidato Bahasa Daerah Putri diraih oleh Nurul Madinah dari Ponpes DDI Lilbanat Parepare, juara 2 Nabila Khairunnisa dari Ponpes Tahfizul Qur’an Haqqul Yaqin Enrekang, dan juara 3 Nailul Nafizah dari Ponpes MA Putri Mangkoso.


Lomba IAIN Pare Got Talent Nyanyi Solo juara 1 diraih oleh Ainun Zaharia Mansi dari Ponpes Al-Ikhlas Addary Takkalasi Barru, juara 2 Anisa Fitria dari Ponpes Modern Darul Falah Enrekang, dan juara 3 Zky Fauzan dari Ponpes Darul Arkam Muhammadiyah Cece Enrekang. Lomba IAIN Pare Got Talent Nasyid juara 1 diraih oleh Ponpes MA DDI Mangkoso Barru, Juara 2 Ponpes Mazra’atul Akhirah Baramuli Pinrang, dan juara 3 Ponpes Al-Risalah Batetangnga Polman. Lomba IAIN Pare Got Talent Qasidah juara 1 diraih oleh Ponpes Yasrib Lapajung Soppeng, juara 2 Ponpes DDI Lilbanat Parepare, juara 3 Ponpes Darul Qur’an Attaqwa DDI Jampue.

Lomba Tennis Meja putra Juara 1 diraih oleh Muh. Irfan  Bahtiar dari Ponpes Al-Urwatul Wustqa Sidrap, juara 2 Ahmad Ian Alfaham dari Ponpes Pendidkan Diniyyah Formal (PDF) DDI Mangkoso Barru, dan juara 3 Muhammad Bagas Pamungkas dari Ponpes Ittihadul Usrati Wal Jama’ah DDI Lerang-lerang Pinrang. 

Lomba Tennis Meja Putri Juara 1 diraih oleh Nuralisyah Putri Baqil dari Ponpes Al-Urwatul Wutsqa Sidrap, juara 2 Resky Indah Riyani dari Ponpes MA putri DDI Mangkoso Barru, dan juara 3 Khumairah dari Ponpes Ittihadul Usrati Wal-jama’ah DDI Lerang-lerang Pinrang. (aen/mif)



di dalam Berita
Nur Aeni K 24 Oktober, 2023