Reviu Kurikulum :FEBI Siap Sempurnakan Kurikulum Ekonomi dan Bisnis Islam

20 Juli, 2023 oleh
multazam.mansyur

Humas IAIN Parepare -- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare  sukses melaksanakan kegiatan Reviu Kurikulum dan FGD,  Senin dan Kamis (17s.d.20/7/2023), di Lagota. 

Kegiatan Reviu Kurikulum yang dilaksanakan selama dua hari bertujuan untuk menyempurnakan kurikulum yang digunakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Berbagai aspek penting dalam kurikulum, termasuk Visi Misi Tujuan Strategis (VMTS), dibahas dan dievaluasi untuk memastikan keberlanjutan dan relevansi bagi program studi yang ditawarkan.

Setelah melakukan Reviu Kurikulum, selanjutnya dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan para stakeholder dan Sosialisasi Kurikulum yang berlangsung pada Rabu dan Kamis (19-20 Juli 2023). Kegiatan ini memiliki peran strategis dalam menghubungkan dunia pendidikan dengan dunia profesional dan industri. Para pemangku kepentingan  dari berbagai institusi, seperti BSI Parepare dan Barru, Bank Muamalat, BAZNAS, Pegadaian Parepare, Dinas Pariwisata Pinrang, Dinas Tenaga Kerja Parepare, Koperasi Syariah Bakti Huria, Dinas Pariwisata Parepare, serta beberapa praktisi akuntan turut ambil bagian dalam FGD ini.


FGD  berlangsung secara interaktif dan produktif. Pemateri utama yang diundang pada kegiatan tersebut adalah Rosihan Aslihuddin yang merupakan Staf Ahli Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ia memberikan wawasan mengenai seluk-beluk kurikulum. Para peserta FGD secara aktif berdiskusi dan memberikan pandangan mereka tentang peran kurikulum untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga kerja yang berkualitas di bidang ekonomi dan bisnis Islam.


Wakil Rektor 1 IAIN Parepare, Dr. H. Saepudin pada acara pembukaan menyatakan pentingnya  FGD langsung dengan para stakeholder, terutama dalam konteks FEBI yang memerlukan banyak dosen praktisi. Hal ini bertujuan untuk memastikan pendekatan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dan tuntutan dunia profesional dan industri.

Dekan FEBI Dr. Muzdalifah Muhammadun menegaskan komitmen fakultas untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja yang semakin kompleks.


Melalui kegiatan Reviu Kurikulum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare menunjukkan kesungguhan dan komitmennya untuk memberikan pendidikan berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman. Dengan melibatkan para stakeholder dan menggali masukan dari berbagai pihak terkait diharapkan kurikulum FEBI IAIN Parepare dapat terus ditingkatkan dan menjadi rujukan untuk pendidikan ekonomi dan bisnis Islam di masa depan. (MMA/Tin)

di dalam Berita
multazam.mansyur 20 Juli, 2023