SEMA Institut Gelar Seminar Nasional: Peran Aktif Generasi Muda dalam Pesta Demokrasi

13 Oktober, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare---Senat Mahasiswa Insitut (SEMA-I) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan Seminar Nasional dengan Tema "Peran Aktif Generasi Muda dalam menyikapi Pesta Demokrasi", yang betempat di Lantai 5 Perpustakaaan IAIN Parepare, Kamis (12/10/23).

Seminar yang diadakan oleh SEMA-I ini menghadirkan 2 pembicara yaitu Dirga Ahmad salah satu Dosen Hukum IAIN Parepare dan juga Rustan Asta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kota Parepare.

Akbar Ketua SEMA-I dalam laporannya mengatakan bahwa seminar nasional yang dirangkaikan dengan sekolah politik ini bertujuan agar generasi muda memahami seberapa pentingnya peran mereka dalam perayaan demokrasi ini. Ia menjelaskan bahwa kegiatan seminar yang akan dilanjutkan sekolah adalah politik. 

“Peran pemuda dalam hal ini sangat penting. Jika kedepannya kita tidak memahami hal-hal yang seperti ini, kita akan ketinggalan informasi atau ketinggalan bagaimana itu pesta demokrasi dan juga untuk sekolah politik yang diadakan khusus untuk persiapan panitia Komisi Pemilihan Umum (KPUM), dan Pemilihan Mahasiswa Raya (PEMIRA) seperti yang akan berlangsung di bulan Desember dan ini akan menjadi bahan pembelajaran tentang cara mengelola PEMIRA kedepannya,"Ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Rektor IAIN Parepare. Hannani dalam sambutannya mengemukakan bahwa demokrasi harus dikawal dan keadilan menjadi aspek penentu dalam Pesta Demokrasi. 

"Demokrasi ini harus dikawal, jangan hak suara kita diperebutkan tapi jadilah pemain yang menguntungkan dalam pesta demokrasi. Jadilah penentu demokrasi, penentu untuk masa depan Indonesia jangan pernah jual murah hak suaramu dan jangan menjadi bagian dari politik, dan jangan menjadi bagian dari kampanye-kampanye yang bisa merusak kesatuan bangsa," jelasnya.

Muhammad Asrul dari Prodi Hukum Tata Negara (HTN) salah satu peserta seminar mengatakan bahwa seminar nasional ini sangat berperan positif bagi dirinya sebagai gambaran bagaimana pesta demokrasi tahun 2024 nantinya. (Sukma/Aen/Srh)


di dalam Berita
Nur Aeni K 13 Oktober, 2023